Friday, December 31, 2010

Decision Support System(DSS)

DSS adalah sekumpulan orang, prosedur, software, database dan peralatan yang digunakan utnuk mendukung pengambilan keputusan dan pemecahan masalah. Fokus dari DSS adalah efektifitas pengambilan keputusan ketika menghadapi masalah bisnis yang terstruktur maupun yang tidak terstruktur. Seperti halnya MIS dan TPS, DSS juga dirancang untuk membantu organisasi mencapai tujuannya.

Contoh DSS untuk perpustakaan adalah ketika pengelola membutuhkan alat untuk mengetahui jenis buku apa yang perlu dikoleksi lebih berdasarkan kebutuhan pengguna. Maka DSS akan memberikan jenis buku dan judul-judul buku yang paling sering digunakan oleh pengguna dalam kurun waktu tertentu dan berdasarkan kelompok –kelompok pengguna. Jumlah buku terkait di perpustakaan juga menjadi salah satu pertimbangan DSS dalam memberikan hasil. Hasil yang dihasilkan dapat berupa daftar jenis buku yang sering digunakan beserta ratio jumlah buku dan pengguna.

DSS dalam prosesnya membutuhkan komponen seperti database dan model base. Database adalah kumpulan tabel yang saling berelasi. Tabel-tabel tersebut berisi data hasil masukan dari proses TPS misalnya. Sedangkan model base dapat berupa analisis kuantitatif atau formula matematika yang ditetapkan untuk menghasilkan variasi model untuk memperlihatkan akibat yang berbeda-beda dari model-model tersebut.

Selain TPS, MIS dan DSS, sistem informasi bisnis lain dapat digolongkan dalam Specialized IS atau Sistem Informasi Spesial. Yang termasuk dalam kelompok ini adalah sistem informasi dengan kecerdasan buatan. Kecerdasan buatan memiliki beberapa cabang seperti di antaranya Robotika, Vision System, Natural Language Processing, dan Learning System. Robotika berkaitan dengan penggunaan robot mekanik untuk mengerjakan tugas-tugas yang didefinisikan oleh sistem. Vision System membantu merekam dan memanipulasi citra atau gambar. Seperti menganalisis sidik jari dan foto.

Natural language Processing berkaitan dengan pengolahan teks dalam bahasa alami untuk mendapatkan informasi tertentu. Learning system merupakan kombinasi software dan hardware yang dapat mengubah reaksi terhadap situasi tertentu, seperti misalnya software game. Sedangkan Neural Network adalah sistem komputer yang bertindak sperti atau mensimulasikan fungsi otak manusia.

Dari ketiga jenis sistem informasi bisnis di atas, dapat dibandingkan dalam hal periode, keterlibatan dalam pengambilan keputusan, input dan output, dan kompleksitas dalam proses dan analisis. Dari Gambar 1, dapat dijelaskan bahwa TPS membutuhkan dan menghasilkan banyak data dari pada Sistem informasi bisnis lain karena itu banyak input dan output yang terlibat. Banyaknya data karena TPS mengelola hal-hal yang rutin lebih banyak dari pada sistem informasi bisnis lain. Sangat sedikitnya ringkasan dan analisis. Data pada TPS menyebabkan TPS tidak untuk mendukung pengambilan keputusan. Sedangkan MIS dan DSS lebih memiliki analisis dan proses yang kompleks untuk menghasilkan informasi yang mendukung pengambilan keputusan.

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Thanks a lot for your attention...

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting