Tuesday, December 21, 2010

Internet dan Manusia

Pada artikel kali ini ialah membahas dampak negatif dari internet serta analoginya dengan kehidupan manusia. Serta bagaimana data yang berkeliaran melalui internet dapat dicuri oleh orang yang tidak berhak menerima data tersebut.

Menurut berbagai sumber dalam melakukan pengrusakan data yang melalui internet terdapat berbagai cara. Salah satunya ialah melalui injection. Dimana kita memasukkan script php ke dalam suatu situs, setelah itu akan merusak tampilan pada situs tersebut. Sebelum melakukan hal tersebut, kita tentunya harus mengetahui struktur data pada situs tersebut. Misalnya htdocs/ atau www.namasitus.com/htdocs atau yang lainnya. Dengan menggunakan logika serta programming php yang baik maka mudah kita upload file php kita yang berguna untuk merusak situs tersebut.

Hal tersebut dianalogikan dengan pencurian dalam suatu rumah. Sebelum kita mencuri sebaiknya mengetahui dengan baik struktur rumah yang akan kita curi. Kita harus paham benar tentang arsitektur rumah tersebut. Dimana letak kamar, pintu keluar, lemari penyimpanan harta yang akan kita kuras, serta bagaimana dengan sekuritas rumah tersebut. Dengan mengetahui segalanya kita mudah masuk ke rumah tersebut serta menguras harta dari rumah tersebut. Dan tak hanya itu, kita juga sebaiknya mudah untuk keluar dari rumah tersebut jika diketahui oleh orang. Namun tidak hanya itu, pencuri meninggalkan pesan bahwa rumah tersebut telah dikuras hartanya. Dan memberitahu bahwa jika ingin hartanya/ surat-surat berharga kembali, maka sang empunya rumah harus menghubungi pencuri. Hal itu dimaksudkan untuk melakukan barter. Sang empunya rumah diminta apa yang diinginkan pencuri, sedangkan pencuri akan mengembalikan apa yang dia curi. Atau pencuri meminta sang empunya rumah untuk mempekerjakan dia sebagai pembuat sekuritas rumah dengan imbalan yang lumayan besar. Hal ini dilakukan jika sang empunya rumah kaya akan harta.

Selain di atas ada cara lagi untuk melakukan pengrusakan sebuah situs. Yaitu dengan mengetahui sistem operasi yang dipakai oleh situs tersebut. Biasanya situs memakai sistem operasi Linux. Untuk melakukan pengrusakan kita dapat menulis script dengan bahasa linux. Dengan begitu sistem operasi akan menerima command yang kita tulis dan mengerjakannya. Namun kita melakukan perintah linux tersebut pada web perantara lainnya atau pada situs kita sendiri. Jadi kita melakukan pengrusakan web orang lain menggunakan media web kita sendiri.

Hal tersebut dianalogikan dengan melakukan duplikat kunci rumah yang akan kita curi. Sebelum melakukan pencurian, kita harus mengetahui bagaimana bentuk kunci rumah tersebut. Setelah itu, kita membuat kunci yang sama dan pas pada lubang kunci rumah tersebut. Dengan begitu kita mudah memasuki rumah tersebut dan bebas apa yang akan kita lakukan. Berbeda dengan metode sebelumnya, kita memasuki rumah dengan cara memaksa masuk. Entah itu melalui jendela atau dari atap. Sehingga menggunakan metode penduplikatan kunci, kita meminimalisasikan jejak bahwa rumah tersebut telah kita curi hartanya.

Ada cara untuk memasuki account sebuah email ataupun cpanel orang lain. Yaitu dengan cara melihat cookies yang ditinggalkan oleh pengguna email. Dengan begitu kita mudah memasuki account orang lain. Maka dari itu, setelah kita melakukan login pada account kita sebaiknya di logout. Tak hanya itu kita melakukan clear private data. Agar cookies kita terhapus pada komputer yang kita pakai.

Hal tersebut dianalogikan dengan pencurian rumah lagi. Namun dengan metode yang lain. Yaitu kita melihat tingkah laku orang yang punya rumah jika ingin meninggalkan rumah. Dimanakah ia menaruh kunci rumah tersebut. Apakah ia bawa atau ia taruh pada bawah taplak meja, bawah pot bunga, di atas meteran listrik atau yang lain. Jika orang tersebut membawa kunci rumah tersebut, maka kita tidak bisa masuk ke rumah tersebut dan gagal dengan memakai metode ini. Namun jika sang punya rumah menaruh kunci di bawah taplak meja, bawah pot bunga, di atas meteran listrik. Maka rumah tersebut segera kita kuras hartanya. Setelah sang empunya rumah pergi beberapa meter, kita ambil kunci yang letaknya kita telah ketahui, setelah kita masuk rumah tersebut. Setelah memasuki rumah tersebut, terserah apa yang kita akan lakukan....

huahahahaa.... begitulah seharusnya pencuri tak hanya berotot tapi harus berotak. cukup sekian qita bertemu di artikel-artikel selanjtnya....

wassalam...

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Thanks a lot for your attention...

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting