Thursday, January 31, 2019

Lelah

aku sudah lelah
mencari yang kau inginkan
aku tak kuat
mengejar apa yang kau impikan

biarlah aku mencari
yang rela menerimaku
tak hanya janji
mampu merubah hidupku

ini bukan soal cinta
tapi ini jiwa
yang saat ini terdampar
perih penuh luka

Entah, Aku Tidak Tahu

sepertinya aku...
entah... aku tidak tahu
situasi seperti ini... membuatku...
entah... aku tidak tahu...
aku tidak bisa apa-apa...
di dalam hati hanya berkata...
entah... aku tidak tahu...
ingin mencoba sesuatu... tapi...
entah... aku tidak tahu...
ingin berlari... tapi...
entah... aku tidak tahu...
kuselami... kucari... kutanyakan pada hatiku sendiri
namun tetap...
entah... aku tidak tahu...
ternyata...
hari ini hari apa...
aku ini siapa...
aku mau apa...
aku dimana...
tetap...
entah... aku tidak tahu...




Catatan Hari ini 31 Januari 2019.
Begitulah sesuatu yang tersirat ketika orang ketinggalan HP. 

Thursday, September 6, 2018

File Sharing Windows 10


Setelah kebingungan pake Windows 10 kok gak bisa-bisa dibuat file sharing.  Akhirnya, menemukan cara file sharing windows 10, biar bisa kehubung dengan komputer lain.

Coba:
1. Masuk control panel > Network and Sharing Center
2. Pilih Change advanced sharing setting
3. Pilih yang Private. Turn On kan semua dan Allow Homegroup nya...

Kalo masih tetep gak bisa. Coba masuk regedit
1. Regedit > HKEY_LOCAL_MACHINE > SYSTEM > CurrentControlSet > Services > LanmanWorkstation > Parameters

2. Cari AllowInsecureGuestAuth. Ganti value nya = 0
3. Kalo gak ada ya create new. Gitu aja kok repot
4. Habis itu, seperti biasa, restart komputer

Kalo tetep ndak bisa. Wadoh... ilmuku hanya sampai disini...






Monday, September 3, 2018

Come Back II

 Baru 2 minggu bisa kangen-kangenan, disuruh mbalik lagi. Untungnya cuma 2 minggu sajo.



 Terlihat disana ada pesawat lain jalan bebarengan. Memang hidup itu indah jika kita hidup jalan bebarengan.



 Setelah 2 minggu meneruskan yang belum terselesaikan, akhirnya pulang beliin baju buat ndut.


Memang masih banyak sesuatu yang tidak bisa dibayar dengan uang. Waktunya libur ngabisin waktu untuk keluarga.



Come Back I


Akhirnya, kembali ke habitatnya. Meski banyak konsekuensinya. Memang berat. Tapi semuanya dicuekin aja. Dikembalikan ke ibadah dan amal. Namanya ibadah yang khusuk itu sulit, namanya beramal itu kadang-kadang berat. Mungkin saat itulah diberi kesempatan untuk beribadah dan beramal. Mungkin disaat itulah memang ada diposisi terpuruk. Mungkin itulah sebagai cobaan.

Mencoba untuk bertahan akhirnya bisa terlewati. Meski ada butiran-butiran debu yang memedihkan mata. Moga-moga diberi kekuatan untuk tetap berdiri tegak. Kuat dilakoni yen ra kuat ditinggal .........

Hanya untuk bertahan hidup.

Perbatasan Pulau Madura - Pulau Jawa, keliatan Jembatan Suramadu.

 Kembali lagi. Naek pesawat lagi. Anggep aja jalan-jalan. Tapi anggepan itu sirna kalo udah sampe sana. Kerja ! Kerja ! Kerja tok...!!!



Setengah perjalanan, udah 2 minggu kurang 2 minggu. Kerjaan masih 10%. HEBAT !!! Pulang kerja nyari bahan makanan untuk sarapan.

Makanan tiap pagi hari saat disana. Kalo maem nasi kepagian gak bisa enak maem.


Akhirnya, sebulan terlewati. Waktu pergi bawaanya gak seperti ini, pulang-pulang hamil. Seperti Ndami ditinggal sebulan, pulang-pulang hamil. Mungkin inilah yang bikin tetap berdiri tegak. Capek, stres, tekor cuekin aja. Kehidupan yang lain masih lebih indah.





Monday, January 8, 2018

2018



Udah lama gak mampir nulis-nulis ke blog. Mungkin terlena dengan dunia yang fana. Dengan wajah yang lebih fresh semoga awal tahun 2018 bisa back to barrack yang semestinya. Habitat yang sesungguhnya...

Tuesday, March 8, 2016

Perjalanan Jauh 5

Jam 1 an siang udah naek bis, ninggalin kota Mekkah menuju kota Jeddah. Diperjalanan liat kanan kiri suasana kota. Dinikmatin perjalanannya. Jam 3 an sampe Jeddah. Tepatnya di Cornice, pusat perbelanjaan. Ternyata, kalo kepengen murah beli-belina di Madinah. Disono beli-beli buat temen-temen kantor pusat. Hampir aja kelupaan. Sekalian ngabisin duit riyal. Disono cuma beli kurma, coklat kerikil sama gantungan kunci. Nyari yang something banget kok ndak ada ya. Mau nyari yang aqh-aqh yang ndak ada di mana-mana. Akhirna pulang dengan menyisakan duit riyal 100 an. Emang kalo orang kek aq bingung kalo mau beli-beli. Beda kalo cewek. Adaaaaa ajaaa yang dibeli. Huehehehe. Ya udah aq biarin duitna sapa tau ada sodara yang nikah dibuat lamaran, 100 riyal kan lumayan. Kalo dirupiahin 350-400 an ribu rupiah.  

Waktu senja mau datang langsung ngelanjutin perjalanan lagi. Mampir ke mesjid terapung. sebenernya sih bukan nama sebenarnya. Cuma orang-orang Indonesia aja yang suka membikin istilah-istilah sendiri. Hehehe. Ada juga sepeda Nabi Adam. Itu juga istilah yang dibikin orang Indonesia. Huehehehe. Mbalik lagi ke jalan yang bener. Di mesjid sono ngeliat matahari terbenam. Sambil liatin orang-orang Arab berlibur. Disono emang lagi rame. Banyak yang kesono. Mobilna keren-keren, gedhe-gedhe. Begitulah negeri kaya. Minyak tinggal ngalir kayak sungai. Kalo di Indonesia naek sepeda motor aja mikir beli bensin, apalagi mobil gedhe. Disono gak mikir apa-apa, yang penting nyaman, cukup buat sak keluargo. 


Suasana Pantai

Jam 8 malem, sampe di hotel di Jeddah. Ndak tau bintang berapa. Kok keren banget. Maemna bukan masakan Indonesia. Q nyobain dikit-dikit, tapi semua jenis. Hehehe. Sampe kekenyangen. Penasaran. Termasuk hotel mewah. Sayang bobo disono cuma 3 jam langsung ditelpon disuruh ke lobi. Jam 1 an malem cabut menuju bandara Jeddah. Sampe bandara, pada keleran semua. Yang ngurusin tiket yang sibuk, sambil ngurusin  masukin koper ke bagasi. Jamaahna tinggal nunggu sambil boboan. Semua orang bisa bobo. aq yang ndak bisa. Padahal udah ngantuk berat. Di ruang tunggu sampe jam 4 an. Habis itu ngantri mau masuk, check point. Nunggu bagi-bagi tiket sampe jam 7an. Nah, disini ado masoloh. Ada 18 orang yang belum nerima tiket. Padahal jam 8 harus udah di waiting room. Ya udah terpaksa, aq en rekan aq nerobos aja. Sama orang-orang yang udah punya tiket. Daripada hangus tiketna. Disono informasi gak jelas. Terpaksa nanya-nanya petugas, sakbisone. Akhirna ketemu orang Indonesia trepel lain tapi atu pesawat. Ya udah jadi ikutan ngantri.  

Nunggu di waiting room, lha kok ada tokona. Ya udah, liat-liat. Ada boneka beruang. Ya udah sekalian aja ngabisin duit. Masih ada sisa aq bliin gantungan kunci lagi. Akhirna duit riyal tinggal 1 riyal. Bener-bener abis bis. Ngabisin duit ngabisin waktu juga ngabisin cemilan juga. Ngurangin beban tas ransel. Untung aja bawa tas ransel. Bisa buat bawa baju ihrom, bawa belanjaan, bawa barang-barang yang mau dipake sehari-hari. Kalo udah masuk koper, udah gak bisa diambil. Ndak lama nunggu akhirna masuk pesawat. Kali ini dudukna sama rekan aq. Tapi ndak di pojok lagi, di pojok deket jalan. Jadi gak bisa liat pemandangan langit. Bisana liat pramugari. Ehhh keceplosan, hehehe. Waktu lepas landas jadi gimana gitu. Jadi kepengen kesono lagi. Pokokna bener-bener dah. Kali ini perjalanan siang, terang terus. Tapi tetep aja aq paksain bisa bobo biar gak kecapekan. Karena selisih 4 jam, jadi nyampe Jakarta tengah malem. 

Jam 11 an nyampe Jakarta disambut hujan deres. Tapi tetep maknyus, hots bangets. Ternyate ada yang jemput en nganterin ke hotel yang sama waktu nunggu berangkat. Sampe hotel langsung mandi-mandi dulu biar seger. Abis itu bobo. Bobona sampe ndak kerasa. Bangun-bangun jam setengah 6. Kesiangan. Tenggorokan gatel. Bener-bener kecapekan. Hehehe. Langsung siap-siap. Jam 6 turun, maem, terus dijemput. Huaa ke kantor pusat. Sampe sono langsung nitip ke temen. Bagiin njajan dari Arab. Pamit mondar mandir cepet-cepetan. Jam 10an langsung dianterin ke bandara Halim. Langsung ke Malang. Bener-bener perjalanan yang ndak terlupakan. Mungkin kesono itu nikmatna bukan dari rasa, cuaca ato apa. Tapi dari kepuasan mbatin. Ndak tau apa yang aq rasa puas. Tapi semuana jadi lebih hidup. 

Sampe Malang dijemput sama ortu sama anak istri. Seminggu lebih gak ketemu, ketemu langsung gimana gitu. Tapi emang mbeda. Ninggal anak istri kerja beda ninggal umroh. Selama disono emang aq sengaja ngempet. Biar gak tlalu kangen, kalo kangen bisa-bisa ibadahna gak pokus. Ternyata aq bener-bener bisa pokus ibadah. Alhamdulillah. Tapi waktu di Mekkah sempet ngeliat anak kecil puersis banget sama si ndut. Pake abaya kecil lutu. keliatan pipina doank, sama matana yang gedhe. Moga-moga bisa umroh lagi, sama keluarga. Waktu disono ngeliat sekeluarga umroh jadi miris ngeliatnya. Semuana bisa pegangan bareng, lha aq ngilang-ngilang sendiri. Melas. Emang sebelumna ndak pernah kepikiran umroh soalna ngeliat biayana udah nyerah. Tapi kalo udah kek gini jadi punya niat. Hehehe  



Poto-poto suasana Kakbah waktu senggang di Mekkah 



Huaaaaa gak nyangka jadi salah satu di antaranya



Poto TV suasana Kakbah


Perjalanan Jauh 4

Dalam perjalanan ke Mekkah, mampir dulu ke Bir Ali buat ngambil miqot. Kek gitu juga aq baru tau. Emang sih ilmu agama aq sedikit. Makana dipanggil umroh biar aq disuruh blajar agama yang banyak. Sampe Bir Ali langsung ganti pakaian ihrom. Ndak usah malu-maluan langsung ganti di dalem mesjid. Lagian yang laen kek gitu semuna. Emang sih pertama kali pake ihrom bingung. Hehehe. Rasana beda seperti biasana. Tapi mau gimana lagi, emang harus ikhlas dalam ibadah. Untung aja ndak aq rasain. Yang penting maju terus. Dari Bir Ali menuju Mekkah.

Ambil miqot di Bir Ali

Sampe Mekkah jam 10an malem. Langsung maem-maem en persiapan. Jam 11 malem baru menuju Masjidil Haram. Huaaaa... akhirna aq bisa kesana. Ndak nyangka bisa kesana. Abis solat langsung menuju Kakbah, tawaf. Huaa dihiasi bulan purnama berkeliling Kakbah. Waktu itu suasananya bener-bener puadet. Emang waktuna liburan. Orang Arab sendiri banyak yang umroh ditambah dari Turki, Bangladesh, India, Yaman, apalagi dari Indonesia pualing buanyak.

Habis tawaf ngumpul terus sholat sunnah di belakang maqom Ibrahim. Katana tuh tempat multazam. Itu juga aq baru tau. Disono emang sih, ndak kuat. Perasaan aq langsung ilang semuna. Alhamdulillah dikasi kesempatan bisa bermesraan ama sang Pencipta. Aq jadi merasa bersalah biasana bisa mesra-mesraan lama sama anak istri aq, tapi sama yang di atas kok cepet-cepetan. Astagfirullah... Abis itu menuju bukit Safa, buat ngelakuin Sya'i. Lha ini yang bikin aq bener-bener cupangat sak gunung jebhol. Aq liat udah jam 2 an, malah mbikin aq semangat, ndak ngantuk blass. Apalagi disono ndak malah tambah sepi di tengah malem, malah tambah rame, tambah padet. Subhanallah. Saking cemangat, muterin 7 kali ndak aq rasain. Blass ndak kerasa capek. Yang ada cuma cupangat. Padahal biasana jalan-jalan cuma 2 jam udah krasa kaku semuna. Mungkin udah aq niatin en ndak berpikir kalo aq bisa capek. Mungkin juga kalo mimik, mimik air zam-zam. Abis Sya'i terus tahalul. Potong rambut cuma beberapa helai. Kalo langsung digundul nanti umroh keduana ndak ada yang bisa dipotong. Hehehe. Habis itu semuana bingung. Terpencar. Emang nanggung udah jam setengah 4 an. Jam setengah 6 baru waktu subuh. Kalo kembali ke hotel lumayan makan waktu. Jarak ke hotel 500 an meter. Lagian sekarang kamarna paling atas sendiri. Jadi aq sama rekan aq mutusin tetep di Masjidil Haram.

Wudhu dulu mau Sholat Subuh

ambil menunggu subuh sambil nyari tempat wudhu. Habis wudhu, nyari tempat, nyasar-nyasar akhirna dapet tempat di basement.

Habis Sholat Subuh

Habis solat Subuh langsung menuju hotel. Ganti baju dulu baru turun lagi ke restorannya, maem pagi. Habis maem dikasi tau kalo mau Jumatan jam 10 langsung berangkat. Biar dapet tempat. Tapi mumpung ada waktu boboan dulu. Ndak tau. rasanya bobo tapi gak bobo. Antara sadar dan ndak. Emang gak biasa bobo jam segituan jadi ndak bisa bobo. Padahal sebenere kalo pake logika aq pasti nguantuk, cuapek. Tapi ndak aq rasain. Emang cupangat aq terbakar-bakar. Mungkin ngeliat cupangat jamaah tiap solat 5 waktu kek jumatan terus. Dari sono aq bertanya-tanya sendiri. Kenapa aq kok cupangat banget. Padahal kalo di rumah aq krasa berat ke mesjid padahal deket. Emang disuruh sering-sering ke mesjid. Emang banyak yang harus aq perbaiki buat diri aq sendiri, makana aq sampe dipanggil ke Masjidil Haram. Abis solat jumat langsung mbalik ke hotel. Dan begitu seterusna. Mbolak-mbalik ke Mesjid. Pernah Dari Ashar nggak pulang sampe Isya. Pernah juga tawaf sunnah sendiri. Soalna aq kepisah sama rekan aq. Eh waktu di hotel cerita-cerita lha kok keliatan padahal aq sama temen aq di tempat yang sama. Di Mekkah aq ndak tau kalo ada pusat perbelanjaannya. Jadi di Mekkah cuma kalo gak ke hotel ke Masjidil Haram.

Lha waktu malem minggu. Mule Ashar ndak mbalik ke hotel. Pindah-pindah tempat doank. Mau sholat Magrib aq ngumpul sama orang-orang Arab. Ternyata tradisina orang sono begitu. Sebelum sholat Maghrib bagi-bagi kurma madu en air zam-zam. Maem bareng-bareng. Waktu itu aq kepisah lagi ama rekan aq. Habis sholat, bagi-bagi maem lagi. Roti Arab, guedhe banget. Aq maem kuat cuma seperempatna. Hehehe. Apalagi keras rasana hambar. Emang orang sono gak suka manis-manis. Yang ngabisin selai kacangna cuma aq doank. Orang sono suka mentega asin. Abis itu pindah tempat. Nyari tempat yang tenang. Hehehe. Biar bisa baca-baca Al-Qur'an. Kalo capek baru wiritan. Hehehe.

Besokna baru keliling kota Mekkah. Sekalian ambil miqot buat umroh kedua.  Pertamanyo ke Jabal Rahmah. Pertamana sih ngeliat banyak orang-orang banyak yang mendaki bukit. Aq  antara kepengen sama ndak tapi rekan aq cemangat kepengen ke atas. Ya udah aq jadi ikut-ikutan terbakar. Meski tebingna lumayan serem aq panjat. Jadi inget masa muda aq naek-naek bukit. Jadi aq keturutan bisa naek-naek bukit lagi semenjak aq nikah. Kalo dipikir, aq nekat, ngelewatin batu curam. Mungkin ndak q rasain, yang ada cuma cupangatna doank. Akhirna sampe juga di puncak. Di mana pertemuan Nabi Adam dan Hawa. Di sono aq berdoa buat sapa aja yang titip doa biar cepet ketemu jodoh. Buat aq juga biar aq tetep mesra ama istri aq sampe kapanpun en ditemuin di akherat nanti. Amin...

Mau naek Jabal Rahmah

Hampir menuju Puncak Jabal Rahmah

Akhirnya sampe juga di Puncak Jabal Rahmah


Waktu mau turun. Ealah... ada tanggana yang lebih aman. Emang letakna muterin bukit dulu. Akhirna turuna lewat tangga aja. Nyari yang lebih aman. Waktu perjalanan menuju bis aq ketemu orang perempuan ditinggal sama rombongana. Sambil nangis-nangis. Orangna dari Bandung. Moga-moga udah bisa mbalik ke tempat tinggalna. Rekan aq sempet nyari trepel orang itu. Tapi ternyata bukan. Jadi inget lagi kata Pak Ustadz, perjalanan sebagian dari adzab. Mungkin juga adzab orang itu. Atau juga peringatan bagi aq. Mungkin aq kurang perhatian buat anak istri aq, kok bisa aq liat orang perempuan ilang di negeri orang. Pokokna semuana jadi pelajaran buat diri aq. Abis itu, ngumpul di deket bis. Setelah masuk bis. Liat di sebelah ada tempat wudhu. Ya udah turun lagi buat wudhu biar waktu ngambil miqot ndak bingung mau wudhu lagi. Akhirna ngelanjutin perjalanan menuju Ji'ronah ambil miqot. Sampe sono, di mesjidna langsung ke sof yang paling depan. Ganti ihrom, cari yang sepi. Hehehe. Ndak usah malu-maluan yang penting cupangat. Emang selama q disono aq bukan seperti yang biasana. Hehehe. Lebih cupangat banget.

Mina. Yang pada tahun 2015 terjadi kebakaran

Mina. Tempat Tenda kelompok Jamaah dari Indonesia


Akhirno, sampe hotel, langsung maem. Habis itu berangkat ke Masjidil Haram. Umroh yang kedua. Lalala yeyeye, cupangat, cupangat, cupangat, go go go... Langsung ngikutin prosesi umroh. Udah ngerti prosesna jadi gak bingung kek yang pertama. Udah tawaf, sholat sunnah, berdoa. Huaaa, jadi gimana gitu. Soalna besok udah pulang. Antara berat, tapi seneng bisa ketemu anak istri lagi, seneng tapi piye yo. Pokokne campur uaduk. Habis itu langsung Sya'i, baru tiga putaran ternyata udah adzan Ashar. Ya udah langsung bikin sof di antara bukit Safa dan Marwah. Abis solat, ngelanjuti Sya'i. Abis itu tahalul lagi. Hehehe. Mau nggundul ya ndak bisa, gantian sama yang laen.

Tahalul

Abis sholat Isya, waktu maem malem ngumpul. Semuana gundul tinggal aq en rekan aq yang belum. Biar kompakan en biar apdol umrohna, digundul di deket hotel. Gak ada 5 menit udah plontos. Hehehe. Abis itu ngumpul-ngumpul lagi di restoran hotel. Minum kupi. Pusing. Mungkin gak aq rasain. Bobona ndak pernah pulas. Atau emang lagi on air (masuk angin). Abis itu bobo. Istrirohat persiapan buat besok perjalanan en hari yang puanjang en padet.

Pagi, seperti biasa langsung ke Masjidil Haram jam tigaan, sendirian. Soalna terakhir, makana banyak-banyak ibadah disono. Rekan aq kebalikana, jam 3 baru pulang. Ibadah semaleman sekalian keliling-keliling di pusat perbelanjaan deket Masjidil Haram. Abis itu jam 7 an baru mbalik hotel. Langsung maem-maem. Jam 8 an, ke Masjidil Haram lagi. Tawaf wada sampe jam 10 an. Abis itu baru keliling sama rekan aq ke pusat perbelanjaan. Baru tau kalo ada gituannya. Hehehe. Tapi ndak beli apa-apa. Disono juga ada ATM. Pake atm BRI bisa. Langsung di convert ke riyal. Tinggal ada biaya tambahan aja. Jalan-jalan cuma sejam langsung mbalik hotel. Langsung maem en siap-siap mau mbalik ke Indonesia.


Perjalanan Jauh 3

Habis maem dari restoran, langsung menuju kamar sambil nyari kuper. Setelah bingung nyari tas kuper, now bingung nyari kamar. Hehehe. Abis ketemu kamarna, langcung macuk. Huaaaa sebenere sekamar berdua doank sama rekan aq. Tapi, dapet kamar buat berempat. Jadi bingung mau bobo yang mana. Hehehe. Abis nata-nata, nyiapin apa aja yang mau dipake langsung mandi. Gak nyadar kalo di sono lagi musim dingin. Nekat aja mandi pake air anget. Habis mandi langsung. Maknyus, duingin. Sambil nungguin rekan aq mandi, ngeluarin maeman yang dapet dari bis tadi. Biar kalo ada waktu cemil-cemil, langsung ngabisin maeman.

Berdua dapet kamar berempat


Ndak ada seperempat jam, semuana udah singap. Langsung turun ke lobi, ngumpul. Setelah ngumpul semuna. Akhirna menuju Masjid Nabawi. Ndak nyangka, bisa ke luar negeri, apalagi pertama kali langsung ke Arab. Ndak nyangka bisa ke mesjid bersejarah. Nabi Muhammad sendiri yang ikutan mbangun mesjid ini. Menuju kesana ndak ada 500 meter. Sambil liat kanan kiri, banyak toko macem-macem. Sambil liat hotel-hotel. Bener-bener tertata baik, tinggi bangunan hampir sama semuna, catnya hampir sama semuna, jalannya juga mirip-mirip. Yang bedain namanya doank. Udah sampe Mesjidna, bener-bener bingung dah. penampakannya setiap sudut sama semua. Yang bedain nomer toiletna. aq sendiri gak ngapalin. Patokan aq penampakan crane. Ndak tau itu sebelah barat, timur, utara, selatan. Kalo di Indonesia gampang nyari sebelah barat. Tinggal nyari mesjid kiblatnya dimana. Kalo di sono mbingungin. Hehehe.  

Malem-malem masih rame


Setelah masuk masjid Nabawi. Subhanallah, aku bisa kesana. Gak nyangka. Padahal banyak orang-orang kepengen kesono. aq kesono gratis modal tenaga doank. Huaaa. Sholat tepat di bawah atap yang bisa buka tutup. Waktu itu lagi dibuka. Habis solat bisa menikmati pemandangan langit Kota Madinah. Abis solat serombongan menuju raudhah. aq sendiri sebenere baru pehem raudhah itu apa. Dikasi tau ama ustadz, katana kalo disono tuh taman surga. Katana doa disana manjur. Langsung cupangat. Sampe sono ternyata udah membludak banyak yang antri. Ya udah aq ikut-ikutan aja. Lumayan, ndesel-ndeselan sama orang sak dunyo. Gedhe-gedhe. Ada yang kecil juga. Waktu udah mau deket. Ini yang menegangkan. Pada dorong-dorongan semua. Apalagi ada yang dibuka, langsung pada ndorong semua. Daripada mencelakai diri aq sendiri ato dorong dorong orang bisa-bisa mencelakai urang liannya. Mending aq lari ke tempat sepi, ke tempat orang-orang tua. Hehehe. Ke tempat orang-orang tertindas. Lha kok aq malah bingung. Aq mauna mbalik maksudna nyari jalan laen eh disuruh maju terus. Ya udah ngikutin aja, ternyato aq termasuk terdepan. Pokokna posisi aq aman. Meski udah tengah malem, tetep aq bela-belain dah. Pokokna sabar nunggu giliran aq masuk. Meski aq udah kepisah sendirian dari kelompok trepel aq. Ndak tau kelompok trepel aq udah pa belum. Nunggu 3 gelombang, baru gelombang aq bisa masuk. Huaa bener-bener terbuka karena aq di depan. Langsung nyari tempat dipojok biar tenang. Ada urang saking senengnyo sampe bingung, padahal udah dapet sof tapi bingung sofna dimana en kiblatno dimano.

Emang beda. Ndak tau. Yang aq rasain emang beda. Di raudhah bener-bener bisa khusuk. Beda seperti biasana. Apalagi waktu sujud yang aq rasain bener-bener beda. Apalagi kata ustadz sebisa mungkin kalo sujud dikhusuk-khusukin. Sebentar aja bisa langsung masuk ke ati, pengen nangis, bener-bener gak kuat. Abis itu krasa damai banget, tuenank banget. Makana kenapa urang-urang sak dunyo berebut bisa solat en bedoa di raudhah. Alhamdulillah Allah ngasi aq kesempatan en ngijinin bisa solat en tobat disono. Mungkin aq diperingati sama Allah, aq selama ini sholatna grusak grusuk jebas jebus. Padahal solat khusuk itu bener-bener nikmat. Subhanallah. Itu juga kenapa raudhah disebut taman surga. Indahna tempat di dunia tak senikmat aq rasain waktu di raudhah. Sampe sekarang kalo bayangin solat disana masih krasa nikmatnyo di ati.

Habis solat en bedoa sambil sujud lamo di raudhah, sambil berkaca-kaca langsung bergegas menuju keluar masjid. Ngelewatin makam Nabi Muhammad en sahabatna. Banyak askar yang jaga-jaga biar gak ada orang yang melakukan tindakan yang ndak sesuai di depan makam nabi. Wadoh, keluar langsung bingung en lupa jalannya. Ya udah nekat aja keluar sendirian. Nyari kelompok trepel aq ndak ada seorang pun. Aq emang kepencar sendirian. Nyoba jalan menuju keluar, seandaina nyasar tpaksa nyari petugas en tanya-tanya. Ternyata bener, lha kok entah aq dimana. Hehehe. Ya udah nyoba muterin gang. Lumayan suepi gelap, emang bingungin. Selaen malem, bangunannya mirip semua. Malah ketemu jalan tol.Belok kiri lagi, akhirna nemu masjid Nabawi lagi. Akhirna mbalik lagi ke tempat keluar tadi. Hehehe. Akhirna ketemu kelompok aq ples ustadzna. Untung sajo. Tapi rekan aq ndak tau dimano rimbona. Pikir aq udah keluar en udah di hotel. Seandaina belum di hotel biar aq tunggu aje di hotel. Mumpung aq ada barengnyo mbalik. Daripada nyasar lagi. Hehehe.  

Sampe hotel, emang bener rekan aq belum dateng. Untung aje kunci kamar aq yang pegang. Langsung WA rekan aq. Lumayan lama akhirna dibales. Biar gak nyari aq muter-muter masjid, bisa-bisa bernasib kek aq. Hehehe. Baru ngerasain nikmatna ke mesjid Nabawi. Langsung kepengen umroh lagi bareng istri aq, bareng keluarga aq. Biar gak melas kek gini. Nyasar-nyasar sendiri, apalagi liatin orang laen pada bawa keluargana. Jadi nambah keyakinan ati aq. Bahwa suatu saat pasti bisa umroh lagi bareng keluarga aq. Amin.  Ternyato ndak keraso, udah jam setengah 12 malem. Ndak lamo kemudian rekan aq dateng. Jadi tenang deh. Langsung ndak usah ngapa-ngapain lagi, langsung bobo. Besok bangun pagi biar bisa solat malem di Nabawi.

Pemandangan kota Madinah


Bobona bangun-bangun terus. Mungkin kepikiran takut gak bisa bangun pagi. Akhirna jam 3 an bangun. Mau mandi lha kok airna duingin. Akhirna cuma wudhu doank. Abis itu langsung ganti kostum ples pake jaket biar gak kedinginen. Langsung berangkat sama rekan aq, menuju mesjid Nabawi. Dapet tempat sof lumayan di depan. Deket jalan masuk raudhah. Kebetulan masih sepi. Waktu itu subuhna jam setengah 6 an. Abis solat, mbalik ke hotel. Di tengah perjalanan liat-liat orang jualan. Hehehe. Disono banyak yang jualan bisa pake bahasa Indonesia. Kebetulan aq ndak bawa duit. Kata orang-orang sih emang disuru jangan bawa barang-barang berharga. Hehehe. Makana gak bawa dompet gak bawa hp. Cuma liat-liat aja. Kalo ada yang sreg baru bawa duit. Sampe hotel langsung maem pagi. Biar tenang mending maemna dibawa ke kamar. Lagian gak terlalu tinggi lantaina. Cuma naek tangga 2 lantai. Jadi gak usah naek lift. Liftna antrina ndak karuan. Sekalian latian fisik buat Sya'i. Habis maem cepet-cepetan (kali ini maemna ndak rendang lagi, yang laen), langsung ngumpul ke lobi. Emang jadwalna padet Apalagi ada delay dari Jakarta en proses imigrasi di Jeddah. Jadi jadwalna agak dipeksa.

Sebelum keliling kota Madinah, poto dulu


Jam setengah 8 baru keliling naek bis gedhe. Keliling kuto Madinah. Sambil diceritain ama ustadznya sambil liat kanan kiri oke. Sampe di masjid Quba. Langsung colat duha disono. Lumayan padet urang-urang yang dateng.


Masjid Quba
Pemandangan di sekitar Masjid Quba


Abis solat, eh kelompok trepel aq masih banyak yang belum slese. Ya udah menikmati udara kota Madinah. Lumayan sejuk, mendung-mendung giman gitu, tapi ndak hujan. Sambil liatin orang-orang jualan. Ada yang jual kurma muda guedhe-guedhe. Sebenere ndak tau itu kurma apaan. Baru tau waktu dikasi coba sama salah seorang dikelompok aq. Jadi kayak sawo, teksturna padet keras, manis tapi ndak semanis sawo matenk, ada masemna, boso jowone sepet. Katana urang-urang buat bu ibu yang kepengen cepet hamil. Aq ndak ikutan beli. Katana sih gampang membusuk. Selaen ntu abis ini ke kebun kurmo. Udah ngumpul semuna, langsung naek bis.

Poto-poto dulu di Masjid Quba


Menuju kebun kurma. Disono langsung ke tempat jubelna. Ndak sempet poto-poto kebuna. Antriana super. Itung-itung ne pertama kali transaksi di negeri Arab. Lumayan bingung. Bingung ngitung duitna. Hehehe. Ndak familiar sama duit riyal. Mana yang 1 riyal 5 ato 10 ato 50 ato 100 bingung yang mana. Ngitung duit berkali-kali. Takut kurang. Hehehe. Langsung beli kurma ajwa. Emang yang paling mahal diantara jenis kurma. Sebenere aq ndak pehem tentang dunia perkumaan, tapi dikasi tau en dipeseni my louphly disuru beli . Beli yang ajwa sekilo, yang biasa 2 kilo, kurma kacang sekilo (kirain kurma cuklat). Sambil inget-inget berat tas kuper aq. Kelebian berat bisa beheye ini. Hehehe. Waktu itu, ajwa hargana 70, yang biasa paling murah 20, yang kurma kacang lupa. Hehehe. Mungkin 30an. (Semuana dalam bentuk riyal). Sebenernye bisa aje pake rupiah. Yang jual udah siap kalkulator tinggal di kurskan. Jadi kalo ke kebun kurma mau beli-beli pake rupiah ndak masalah. Tapi emang, katana kalo di Madinah pake mata uang selaen riyal masih banyak yang mau. Beda kalo di Mekkah.

Abis dari kebun kurmo, langsung pulang menuju hotel lagi. Pertamanyo ke Jabal Uhud. Sempet poto-poto. Sambil liatin bukit yang dibuat pasukan pemanah waktu perang jaman Nabi Muhammad.  Ngelewatin masjid Qiblatain, masjid Jinn. (Kalo ndak salah, lupa-lupa inget). Ndak mampir soalna ngejar dhuhur di masjid Nabawi.

Pemandangan Jabal Uhud

Udah sampe hotel, langsung cepet-cepetan ke mesjid. Habis solat mule hunting. Hehehe. Rekan aq nyari-nyari parfum. Kalo aq masih belum kepikiran mau beli apa aja. Masih blank. Hehehe. Waktu habis solat Maghrib ato Isya, aq lupa, langsung liat-liat orang jualan. Ada yang jerit-jerit 5 riyal. Baju buat perempuan. Tapi aq tertarik sama coklat. Buat oleh-oleh anak istri aq. Hargana 15 riyal sekilo. Aq beli sekilo sementara. Habis itu nyari-nyari di toko deket hotel. Ternyata coklat yang sama malah lebih mahal. Ya udah besok mau beli lagi buat temen-temen kantor aq yang di Malang.

Waktu solat subuh, aq udah siapin duit gak kek kemaren. Hehehe. Beli cuklat lagi 2 kilo, mengingat di tempat ini lebih murah di tempat laena. Trus jalan-jalan, nemu parfum murah cuma 5riyal. Langsung aq beli 2. Buat aq sendiri en istri aq (coba gitu beli banyak buat sodara-sodara aq). Emang sih aq itu orangna gak jago beli-beli. Bingung mau buat uleh-uleh buat yang di Indonesia. Abis itu nemu parfum kecil. Bauna keren, tahan ampe 12jam. Langsung beli sekardus. Isina 12 botol. Sebenere 60, aq tawar 50, mau. Hehehe. Jadi nambah bawaana. Jadi maem di restoran sambil bawa blanjaan. Hehehe. Abis maem, langsung aq packing di kuper blanjaan aq. Untung sajo aq bawa tas gendong. Bisa buat nyimpen ihrom. Soalna tas kuper buat ditumpuk-tumpuk di bis. Abis itu, masih ada waktu, aq buat jalan-jalan sama rekan aq. Sebelum jalan-jalan, aq tuker duit di sebelah hotel. Dapet 100 riyal persiapan beli-beli. Jalan-jalan nyari abaya buat istri aq. Langsung nemu. Huaa nyari buat si ndut, sulit. Jadi bingung. Yang penting udah dapet semuana, sebenere banyak pesenan, tapi cuma itu doank dah. Mau nyari kupi arab, eh ndak ada. Daripada salah beli ya udah gak beli macem-macem.

Abis itu boboan, sambil ngemil-ngemil. Akhirna bisa ngemil-ngemil juga. Emang jadwalna lunar binasa padetna. Tiba waktu dhuhur langsung cepet-cepetan ke mesjid. Habis itu langsung mbalik hotel langsung ke restoran, habis maem langsung ngumpul di lobi. Menuju kota Mekkah. Akhirna tiba waktuna ibadah yang ditunggu-tunggu.

Perjalanan Jauh 2

Hari Senin tepatnyo, perjalanan ke tanah suci dimule. Tapi, masih mampir dulu ke kantor pusat. Pamitan. Habis maem-maem di lobi hotel sekalian cek ot, langsung menuju kantor pusat. Sampe sono, ketemu temen-temen aq yang telah berjasa menganterken aq bisa sampe ginian. Makaci buanyak buwat temen-temen yang udah ndukung, meski manis pait siang malem waras stress hujan panas kita jalenin bersama. Makaci yang udah ngasi ide sehingga terciptanya ape yang aq kerjain en bisa sampe selese. Ibaratnye aq cuma tukang kuli aja, orang lain yang jadi arsiteknyo. Makaci yang udah bantu dari awal sampe akhir sampe bisa kepake seluruh cabang. Makaci yang udah ngasi tumpangan bobo gratis, maem gratis, transport gratis. Hehehe.  Makaci juga yang udah ngasi saran en kritik, so ape yang aq kerjain sedikit demi sedikit celahnya tertutupi. Makaci juga yang udah ngasi dukungan atopun celaan. Sebenernya itu modal buwat aq bisa bertahan di tempat kerja sekarang. Sebenernya sih gak kuat, tapi aq kuat-kuatin. Emang ndak semudah orang bayengken bisa kek gini. Udah pisik diputer-puter, otak diputer-puter, ati diputer-puter. Tapi dalem ati aq mungkin ini cobaan aq. Masih banyak orang laen yang lebih diputer-puter dari aq. Hehehe.

Jadi ngomongin muter-muter. Muter-muter terus gak kelar-kelar ceritanyo ini. Hehehe. Sampe kanpus sono ke warung dulu. Mimik-mimik biar anget, padahal udah anget. Sambil liat pesawat terbang di balik gedung-gedung pencakar langit. Abis itu carito-carito di dalem ruangan. Dengerin orang yang pernah en pengalaman kesono. Abis itu pamit sama yang ngebiayain perjalanan aq en rekan aq. Huaaa jadi gak enak. Takut abis dikasi gituan tapi gak bisa berbuwat banyak lagi. Malah menurut aq jadi tanggungan. Abis pamit, terus mbalik ke ruangan tadi. Eh, acaranyo pamit disuruh ikutan rapat juga. Jadi bingung mau ngapain. Hehehe. Tapi ndak apalah daripada nunggu masih lamo. Pesawatna berangkat jam 11 malem. Rapat cuma setengah hari. Cuma sebentar. Abis itu solat dulu sekalian bersiin muka biar seger. Udah siap, baru jalan menuju bandara. Didampingin sama Kadiv aq. Huaaa... Jadi gimana gitu. Sampe mau masuk bandara lumayan muacet puol. Maklum liburan sekolah en taun baruan. Yang request tanggal berangkat kebetulan aq sendiri. Jadi gak enak sama rekan aq. Ku ndak mikirin tanggal liburan. Tapi biarin, mungkin itu semuna udah jadi ketetapan-Nya. Ampe bandara Soetta pas lagi Maghrib. Langsung jalan-jalan nyari musholla. Lumayan bingung sih. Soalna gak pernah ke terminal keberangkatan luar negeri. Hehehe.

Abis solat, langsung pamitan ama yang nganterin. Huaa bener-bener gak enak, udah diperhatiin sampe kek gini. Padahal aq sendiri... Hehehe. Maapin yaaa...Udah gitu langsung ke tempat miting puin trepelna. Di kape. Sampe sono langsung ditawarin maeman. Akhirna bisa rada nyante. Tapi, tetep detak jantung berdetak cepat. Maklum perjalanan jauh en ke tempat yang paling deket dengan sang Pencipta. Emang beda. Nunggu ndak lama, maeman dateng. Nasi uduk sama daging rendang. Huaaa ternyaaato uenak. Hehehe. Ku maem sampe habis. Tapi rasana kok kurang yaa. Abis itu dikirimin maeman lagi. Hampir sejam ndak ada yang maem. Mungkin pegawena salah kirim. Makana ndak aq apa-apain. Jadi bikin ngiler. Biar gak ngiler akhirna minta maemana dikembaliin aja. Lagian udah dingin. Hehehe. Sambil nunggu sambil maenan hp. Sambil bagi-bagi perlengkapan. Dapet buku jadwal, slayer, sama id card kalo ada apa-apa, bagi-bagi pasport en tiket. Sambil dengerin orang ngomong. Sambil ngapalin wajah orang-orang yang berangkat bareng. Hehehe. Rencananya sih pesawat berangkat jam 12 malem. Wow. Jadi lumayan cangkrukan rada lama.

Setelah nunggu lumayan lama, akhirnya bergerak juga. Jadi latian berbaris kayak anak sekolah dulu lagi. Macuk cek in terus ke imigrasi. Poto-potoan sama stempel. Prosesna cepet tapi antrina doank yang emang membludak. Udah sampe waiting room, nunggu lagi lumayan. Hehehe. Dinikmatin aja, pemandangan bandara di tengah malem. Kebetulan no seat na ndak karuan. Yang penting satu pesawat ama rekan aq. Banyak sih sebenere yang mau tukeran seat. Apalagi kalo udah masuk pesawat. Pade bingung semuna. Banyak yang kepisah-pisah. Banyak yang tukeran. Jadi pesawat mau berangkat gak jadi-jadi. Hehehe. Kalo aq sih ndak papa. Rekan aq entah dimana dudukna. Katana sih di atas. aq deket pintu di pojok ama pasutri yang umurna 50-60an. Abis itu... Ncusss terbang. Sambil berdoa en yakin aja pasti kembali sehat wal afiat ketemu lagi ama anak istri en keluarga.

Mumpung terbang cukup lama. aq paksa-paksain bisa bobo. Mau bobo eh dianterin maeman. Ndak jadi bobo. Maem rendang lagi. Perut jadi tenang. Di dalem pesawat lumayan adem. Semuana aq habisin. buat nyimpen tenaga en biar bisa bobo juga. Habis maem ya mimik. Mimikna macem-macem sampe lupa udah mimik apa aja. Ku cobain semuna pokokna. Abis mimiki, sambil remang-remang mencoba untuk bobo. Dienak-enakin sambil goyang-goyang kena awan. Sambil bedoa selalu. Biar lebih nyaman, untung aja jaket ada tupina sambil pake celimut, akhirna bisa tidur juga. Sambil ngelilir liatin layar, udah sampe mana en ketinggian ama udara di dalam pesawat. Abis itu keboboan lagi, pake posisi yang laen. Emang bingung bobona, miring kekiri, nyandar ke depan ke belakang dicobain semuna. Ehhh mungkin gak sadar bobona udah berjam-jam kerasana cepet. Tiba-tiba waktuna maem lagi. Hehehe. Sarapan pagi. Di pesawat kerjaanya maem bobo doank. Maemna macem-macem, ada puding ada ruti ada buah ama nasgor. Langsung habisin semuna. Kalo gak dimaem mubadzir. Alhasil langsung kebelet pipis. Selaen ntu persiapan mau mendarat, biar gak bingung nyari tuiletna kalo udah nyampe di bandara.

Ahirna keluar juga setelah sekitar 10 jam an dipesawat. Sebenerna sih bingung juga udah berapa jam terbang, apalagi ada beda waktu. Sampe Jeddah jam 5 an. Belum subuh di sono. Kalo wektu Indonesia udah jam 9 pagian. Mau ke masuk ke imigrasi ternyata dijeritin, Haram haram haram... Hehehe. Maksudna ndak boleh masuk dulu. Kirain mau diapain. Nunggu dulu di ruang tunggu. Sambil nunggu waktu subuh. Setengah jam nunggu, akhirna subuh. Langsung ke tuilet, sekalian pipis abis itu wudhu. Orang-orang pada bingung solatna dimana. aq sendiri sebenere bingung juga. Untung aja bawa sajadah. Bisa solat dimana aja. Mumpung aq duduk di tempat yang sepi ya udah langsung aja solat disono. Abis solat nunggu lagi lumayan waktuna. Dibikin sabar aja pokokna. Untung aja waktu di Jakarta beli tutuh sama ruti, bisa dibuat cemil-cemil daripada bengong. Sambil ngeliatin di dalem. Ternyata udah banyak urang ngantri. Emang yang namana sak dunyo ngumpul di sono. Jadi lautan manusia. Sambil maem-maem, liatin orang ngantri sambil smsan en apdet status buwat yang di rumah. Biar tau kalo udah nyampe Arab dengan sehat. Alhamdulillah.

Lagi di ruang tunggu di bandara Jeddah


Setelah 2 jam nunggu ditemenin udara yang dingin. Bingung itu dingin emang udarana ato AC. Akhirna masuk buwat stempel pasport en poto-poto. Huwawawawa emang antrina buanyak puol. Aq belakang sendiri. Mungkin ujian kesabaran juga buwat aq. Jadi inget waktu diceramahin waktu di Jakarta, disuruh sabar kata ustadz. Soalna bepergian sebagian dari adzab. Ya udah dinikmatin aja. Sambil liat-liat orang, liat-liat burung di dalem bandara terbang kesono kemari, liat-liat petugasna ternyata masih muda-muda, kayakna masih belasan taon. Emang lama, wan person aja prosesna bisa 10 15 menitan. Malah ada urang Turki tinggal distempel, eh ditinggal lari sama petugasna. Hehehe. Emang urang sana suka becanda. Tapi ndak tau sih, disengaja ato ndak ato diperlambat.

Aq liat jam sampe jam 9 belum ada pergerakan. Jam 10 malah dateng sekelompok orang dari India. Jadi di belakang aq orang India. Hehehe. Ternyata orang sono gitu. Rada-rada jahil. Tas aq dipegang-pegang. Aq biarin aja, so kul aja dah. Mungkin budaya orang India kek gitu. Akhirna berenti sendiri gak jahil lagi. Hehehe. Aq liat kanan kiri juga, ada anak kecil lutu-lutu. Jadi bingung ne dari India, Turki, Bahrain, Yaman ato mana. Tapi kayakna dari Persia, wilayah Suriah, Yaman, Palestina. Matana gedhe biru, kulitna putih, rambutna cuklat, pipina ndut. Jadi inget si ndut. Liatin anak kecil jadi ndak beraso antrinyo. Tapi urang sono, budaya antrina masih kalah sama urang Indonesia. Mungkin liat orang Indonesia antrina rapi, pake seragam kompak, ada sleyerna juga, jadi gemes, pengen ngejahilin. Hehehe.

Akhirna jam 11 an waktuna aq diperiksa. Poto deket JEBRET, poto jauh JEBRET. Stempel pasport JEDOG. Jebret jedogna cepet, loadingna lama. Mungkin kate orang-orang prosesna lama. Kalo bagi aq wajar. Bayangin aje, data seluruh dunia dipanggil salah satuna. Pasti ngabisin waktu 1-2 menitan. Gitu sebenere inprastrukturna bener-bener ekselen. Cuba kalo not gud. Bisa 2 jam. Jadi, sebenere wajar kalo proses imigrasi rada butuh waktu. Kalo loadingna sampe setengah jam, itu baru gak wajar. Jadi kalo diperiksa pasport lagi di bandara ya sabar aja dah. Abis keluar dari pemeriksaan, duduk-duduk dulu nunggu yang belum diperiksa sambil nyari tas kuper. Gak ketempil-ketempil. Tapi disuruh langsung keluar dari pintu bandara. Ya udah pasrah aja dah. Kluar dari ruangan sono langsung ke tempat tunggu. Nunggu sambil nyari kuper akhirnyo ketempil juga. Langsung lari ke tuilet. Jam 12 an baru bisa naek bis.


Menuju naek bis. Masih di bandara Jeddah

Naek bis gedhe, uadhem kayak di kolkas. Sambil nunggu yang masih ribet di imigrasi, dibagiin maeman. Gak usah liat kanan kiri depan belakang, langsung aq habisin. Hehehe. Emang capek, ternyato laper ndak aq rasain. Maem kok nikmat banget en pengen lagi. Hehehe. Maemna rendang lagi. Dari bandara Jakarta, pesawat, sampe bis maemnyo olweis rendang. Ado pertando apo ini. Hehehe. Abis maem rendang, maem ruti, mimik air putih. Sambil liatin bis sebelah. Ada orang Turki bingung nyari bis. Orangna kayak di pelem-pelem. Gak keraso maeman udah habis, udah gak nunggu-nungguan, akhirna jam atu siang berangkat juga. Prom Jeddah to Madinah.

Bisnya kayak gini

Poto bis dari dalem bis. Hehehe

Baru keluar dari bandara, eh bisna berenti. Kirain ado apo, ternyato ada pemandu yang masuk bis. Huaaa. Orangnye nungguin rombongan aq dari pagi sampe jam 1 siang. Ternyato cobaannyo ndak hanya yang umroh tapi panitiano jugo. Aq di bis sambil mata terantuk-antuk, dengerin ceramah. Abis itu baca talbiyah bareng-bareng. Huaa jadi cemangat lagi. Cuma setengah jam langsung disuruh istrirohat. Langsung aq manpaatin, langsung bobo. Kebetulan aq di belakang sendiri. Lebih luas. Minesnya AC nya ndoweh wae. Untung aja jaket ade tupina. Pake tupi jaket, hidung aq tutup pake slayer. Udah aman, bobo.

Kedinginen di dalem bis

Tapi antara sadar sama ndak. Kayakna bobo tapi kok gak merem, masih bisa ngeliat-liat padang pasir. Hehehe. Ndak tau dah. Jam 3 an, bisna berenti. Ke tempat peristrirohatan. Ada tokona. Minum tutuh teh kupi gratis. Soalna udah dibayarin sama trepelna. Tapi aq ndak ngambil. Soalna udah banyak minum. Masih 3-4 jam lagi perjalanan, jogo-jogo biar ndak sampe kebelet pipis. Ya udah langsung aja ke mesjidna. Colat dulu biar tenang. Mungkin disono lagi musim dingin. Meski terik banget, udarana tetep dingin. Abis itu nunggu yang laen menikmati teh kupi tutuh. Ku sendiri cuma duduk doank menikmati udara gurun. Duduk-duduk doank dibeliin orange jus arab. Hehehe. Alhamdulillah.
Setengah Perjalanan

Pemandangan alam di Arab Saudi

Minuman

Sejam berlalu langsung masuk bis lagi. Ngelanjutin bobo lagi. Mumpung diperjalanan dibuat ngumpulin tenaga. Kalo diliat jadwalnya emang puadet banget. Ndak terasa, keboboan, bangun-bangun ternyata udah gelap. Akhirna setelah melewati padang pasir ketemu juga bangunan-bangunan. Jam 7 an malem sampe kota Madinah. Langsung masuk hotel menuju restoran. Mau ngambil maeman ada yang teriak Haram... haram... haram... Hehehe. Maksudna salah kamar. Itu maemana catering yang lain. Bukana maeman haram. Maemana rendang lagi. Mungkin orang haji ato umroh itu hobina maem rendang. Seharian penuh maemna rendang. Hehehe. Sambil maem sambil bagi-bagi kunci kamar. Sembari dikasih tau jadwalna. Nanti jam 9 ngumpul di lobi. Bareng-bareng menuju Masjid Al-Nabawi. Huaaaa kalo inget waktu itu. Kecampur-campur, antara seneng, teharu, cupangat. Jadi inget, perasaan sama waktu aq nikah. Hehehe.

Perjalanan Jauh 1

Sudo lamo tak mampir ngisi blog aq lagi. Kali ini ku mao carito-carito. Carito tentang perjalanan aq. Perjalanan yang selamo ini orang-orang harepin. Termasuk diri aq sendiri. Perjalanan menuju tanah haram. Sebenernya perjalanan ini nggak aq perhitungkan. Emang termasuk rejeki aq. Perjalanan kesono gratis tis tis tis... Dari ngurus passport hingga nyampe rumah dibayarin kantor semua. Alhamdulillah... Termasuk akomodasi buat oleh-olehnya dari kantor juga. Hehehe. Sekarang bingung jadinya. Kantor udah banyak ngasi banyak, tapi masih bingung mau ngebuat ape-ape aje buat kantor aq. Tapi emang, dapetin inu semuna ndak semundah urang-urang bayengken. Mbolak-mbalik Jakarta Malang, belum lagi tur sby-mlg-tulungagung-solo-jember (biso diliat jeritan-jeritan ati aq sebelumne. Hehehe...). Semuna modal cemungud tok, gak mikirin keuntungan duit, maem-maem, maen-maen soalna pasti gak akan kelakon, kraso buerrrattt, atiitttt. Makano minset kirjo aq dadi ibado, biar dapet hasil ibado uga. Kalo direksena cuma duit pasti nggelo. Pasti kraso kurang terus. Hehehe. aq sebenernye gitu juga kok (kgak usah ditutup-tutupin), hehehe. Cuma aq brusaha ikhlas en sabar sajo. Tapi aq ngrasa seneng bisa bikin somting buat seluruh kantor cabang aq en dipake bareng-bareng. Menurut sejarah aq, baru kali ini aq bisa bikin susuatu en dipake urang banyak.

Emang sejak mau berangkat aja udah ada masalah. Untungnya bagi aq, masalah tuh cobaan bagi aq. Jadi dibuat sabar sajo. Hehehe. Udah 3 hari sebelum berangkat, eh, tas kuperna belum aq terimo. Jadi bingung, ngubungin sana situ sanu sita satu sina. Akhirnyo ketempil, kuperna nyangkut di ekspedisi. Untung aje dibantuin nyari sama istri. Emang istri aq is the best. Hehehe. Untung aja, kuper mau dikirim mbalik ke Jakarta, tapi langsung diambil.

Udah dapet kuper langsung masuk-masukin yang mau dibawa sama ngeprint tiket. Mau gimaq lagi baru dapet tiket, sore. Soalna dapet kabar kalo pesawat prom Malang gak bisa jalan cos ada semburan gunung Bromo. Jadinyo jam 11 an malem baru bisa ngeprint di warnet, udah gerimis mau tutup pula. Untung ajo. Pulang-pulang ternyato ndut belum bobo nungguin aq pulang. Padahal ruang tamu udah dimatiin lampuno. Mau tidur jadi mikir besok mau ninggal anak istri. Hehehe...

Pagina, langsung, meski ati rada nyerendel, tetep arus ditahan. Emang aq orangna gak suka ndaramatisir eniting. Langsung sajo hadep depan terus, liat belakang takut gak kuat. Bahayo. Hehehe. Waktu itu emang lagi liburan sekolah. Istri aq libur. Tapi gak mau mikirin intu, kalo ado yang terbaek wainot, ato emang panggilan dari Yang Maha Besar. Berangkat akhirnyo dianter ame semua sampe embonk. Hehehe. Naek trepel dulu prom Malang tu Surabaya.

Naek trepelna masih sendirian. Jadi keliling Malang dulu jadinyo. Hehehe. Jemputin penumpang laen. Setelah muter-muter ndak karuan en nyasar-nyasar. Lha kok ketepatan mampir ke perumahan aq. Ngelewatin rumah ortu aq juga. Jadi ketauan, bokap aq tadi abis dari rumah mertua aq langsung pulang, jemur-jemur ditinggal bobo. Ngelewatin tempat istri aq kerja juga. Hehehe. Mungkin disuruh pamit sama ortu anak istri aq. Ato juga disuru inget terus ama mereka kalo udah sampe disono. Mule jam 8 pagi, baru keluar Malang jam 10. Hebat khan... Untungnyo pesawat berangkatnyo masih jam 2 an. Jadi nunggu dibandara gak lamo-lamo. Sampe bandara, waktuna pas. Langsung nyari toilet trus nyari tempat colat. Waktu ntu ari Jum'at. Jadi ndak bisa jumatan. Skalian aja aq jamak, biar tenang sampe Jakarte, udah senja.

Sampe Jakarta, tepatnye di bandara Halim. Baru pertama kali kesono. Rada bingung juga. Tapi yang namana bandara ya sama aja sih. Hehehe. Ndak tauna disuru naek taxi aja. Mau naek taxi lumayan antrinyo. Mungkin sajo, penerbangangan banyak yang ditunda akhirnya datangnye barengan, jadi buanyak orang. Macet, mau keluar sajo muacetnyo gak karuan. Apalagi bandara teritung masih baru, kalo kena ledakan penumpang masih gak nampung. Jalan keluarna masih encil. Jadi ya sabar aja di dalem taxi, sambil esemesan diiringin hujan gerimis.

Sampe jalan tol macet juga. Emang waktuna pulang kirjo semuna. Sempet bingung mau turun mana. Soalna janjian sama rekan aq. Akhirne langsung sajo ketempil di hotel. Biar gak nunggu-nungguan. Sampe hotel, keluar dari taxi langsung maknyuss angettooo. Ternyato, rekan aq belum dateng. Akhirnyo langsung sajo reserpasi sendiri. Eh, ternyate belum dipesenin. Ya udah nunggu rekan aq dateng di lobi. Akhirnye sampe jam 6 sore baru bisa masuk kamar. Alhamdulillah. Bisa langsung istrirohat setelah perjalanan prom Malang et 8 ei em to Jakarta et 6 pi em. Capek ato ndak, ndak aq rasain pokokne cemungud tok ana nya. Abis entu, mandi-mandi culat langsung cari maem, abis itu bobo. Baru kali ini ke Jakarte dateng-dateng langsung bisa istrirohat, biasano datenk langsung tancep gas ngerjain ato ado miting. Hehehe.

Besokne, langcung angun agi. Mandi dulu, ciap-ciap, baru turun maem. Abis entu dateng rekan lagi. Mau nganterin aq en rekan aq ke tempat manasik. Gak ada setengah jam udah nyampe. Sekalian ngumpulin kuper. Sampe tempatnye, nanya-nanya ganti kuper boleh pa ndak. Ternyato boleh. Hehehe. Katanyo diganti sama yang lebih endhe. Soalnyo kuper q resletingna ancur, rompal gak bisa digembok. Hehehe. Acara manasik cuman sebentar. Eh ndak sebentar sih, tapi emang ndak keraso. Udah jelas ntar disono ngapain ajo en udah bisa nyubo pake ihram, akhirna selese. Sebelum keluar tempat manasik, ganti kuper dulu. Bongkar pasang kuper. Emang butuh waktu kalo masuk-masuke barang ke kuper. Tapi untung sajo lebih endhe, jadi tinggal naruh ajo. Hehehe. Abis ntu dikasi maem. Tapi maemna bareng-bareng sama yang jemput.

Abis maem-maem, lumayan kenyank. Ehh diajak maem lagi. Huaduhhh... Maem sop daging. Persiapan berangkat ke tanah suci biar kuat. Hehehe. Habis itu menuju gedungnyo BRI pusat. Nyamperin temen-temen yang kirjo disono. Sebenernye gak ada yang kinal sih. Hehehe. Oiya, aq sebenernye di vendornye aje bukan di BRI nyo. Wkwkwkwkwk... Abis dari sono mbalik lagi ke hotel. Istrirohat lagi. Kemarin seharian di jalan, hari ini jugo di jalan. Mbesokna mbangkong di hotel sajo. Seharian pull cuman di hotel. Turun cuman maem doank. Ato nyari maeman di toko. Hehehe. Istirahat tok buat persiapan besok terbang kesono.


Poto-poto diwaktu nganggur. Pemandangan di depan hotel



Wednesday, April 1, 2015

Export PHP To Excel With PHPExcel II (Font)

Sikarang kita bikin export PHP ke Excel lagi. Bedanyo dari sebelumnya (export PHP Excel sederhana) adalah menambah style font nya. Yuk, buat filenya, sekarang namanya excelb.php. Nanti yang file yang dibuat excelb.xls.

Sama seperti sebelumnya. Tulis kode seperti ini di excelb.php:

error_reporting(E_ALL);
ini_set('include_path', ini_get('include_path').';PHPExcel/');
include 'PHPExcel.php';
include 'PHPExcel/Writer/Excel2007.php';
$objPHPExcel = new PHPExcel();
$fonta= new PHPExcel_Style_Font();
$fonta->setName('Arial');
$fonta->setSize(12);
$objPHPExcel->getProperties()->setCreator("Creator");
$objPHPExcel->getProperties()->setLastModifiedBy("Modificator");
$objPHPExcel->getProperties()->setTitle("Title");
$objPHPExcel->getProperties()->setSubject("Subject");
$objPHPExcel->getProperties()->setDescription("Description");
$objPHPExcel->setActiveSheetIndex(0);
$sheet=$objPHPExcel->getActiveSheet();
$margin=$sheet->getPageMargins();
$mleft= 1.5/2.54;
$mright= 0.6/2.54;
$mtop= 4.5/2.54;
$mbottom= 1.9/2.54;
$margin->setTop($mtop);
$margin->setBottom($mbottom);
$margin->setLeft($mleft);
$margin->setRight($mright);
$objPHPExcel->getActiveSheet(0)->getPageSetup()->setOrientation(PHPExcel_Worksheet_PageSetup::ORIENTATION_PORTRAIT);
$objPHPExcel->getActiveSheet(0)->getPageSetup()->setPaperSize(PHPExcel_Worksheet_PageSetup::PAPERSIZE_A4);
$objPHPExcel->getActiveSheet(0)->getPageSetup()->setFitToPage(true);
$objPHPExcel->getActiveSheet(0)->getPageSetup()->setFitToWidth(1);
$objPHPExcel->getActiveSheet(0)->getPageSetup()->setFitToHeight(0);
$objPHPExcel->getActiveSheet(0)->getColumnDimension('A')->setWidth(10);
$objPHPExcel->getActiveSheet(0)->getColumnDimension('B')->setWidth(35);
$objPHPExcel->getActiveSheet(0)->getColumnDimension('C')->setWidth(30);
$objPHPExcel->getActiveSheet(0)->getColumnDimension('D')->setWidth(20);
$objPHPExcel->getActiveSheet(0)->getColumnDimension('E')->setWidth(20);

Nah setelah itu bikin font style nya seperti ginian:

//Untuk mempertebal tulisan (Bold)
$objPHPExcel->getActiveSheet(0)->getStyle('A2')->getFont()->setBold(true);
//Untuk jenis tulisan dan ukurannya
$objPHPExcel->getActiveSheet(0)->getStyle('B3')->getFont()->setName('Tahoma')->setSize(14);
//Untuk warna tulisan
$objPHPExcel->getActiveSheet(0)->getStyle('C4')->getFont()->getColor()->setRGB('000099');
//Untuk ukuran tulisan dan nambah garis bawah (underline)
$objPHPExcel->getActiveSheet(0)->getStyle('D5')->getFont()->setSize(16)->setUnderline(true);
//Ini gabungan style semua
$objPHPExcel->getActiveSheet(0)->getStyle('E6')->getFont()->setName('Arial')->setSize(18)->setBold(true)->setUnderline(true)->getColor()->setRGB('999900');


Sikarang, tulis di setiap cell nya...

$objPHPExcel->getActiveSheet(0)->SetCellValue('A2', 'Convert');
$objPHPExcel->getActiveSheet(0)->SetCellValue('B3', 'PHP To');
$objPHPExcel->getActiveSheet(0)->SetCellValue('C4', 'Excel');
$objPHPExcel->getActiveSheet(0)->SetCellValue('D5', 'With');
$objPHPExcel->getActiveSheet(0)->SetCellValue('E6', 'PHPExcel');


Bisa juga dibalik. Nulis kode buat isi cell nya terlebih dahulu lalu kode untuk stylenya... Hasilnya sama aja.

Lha terus bikin kode untuk convert:

header('Content-Type: application/vnd.ms-excel');
header('Content-Disposition: attachment;filename="ExcelB.xls"');
header('Cache-Control: max-age=0');
$objWriter = PHPExcel_IOFactory::createWriter($objPHPExcel, 'Excel2007');  
$objWriter->save('php://output');
exit;

Gimpink bingitz kan... Sekian dulu, nanti nyambung lagi dengan yang laen... Makaciiii...

Monday, March 23, 2015

Export PHP To Excel With PHPExcel

Untuk mengubah ato mengconvert ato menyulap (hehehe) kode PHP ke MS Excel, banyak caranya. Salah satunya dan yang paling mudah dengan bantuan plugin PHPExcel. Sebelumnya download dulu file PHPExcel disini (https://phpexcel.codeplex.com/releases/view/119187). Setelah itu extract file tersebut.

Misalken, kita buat folder exc di htdocs. Taruh file PHPExcel.php dan folder PHPExcel. Dan kita buat file php nya: excel.php

Tulis kode di bawah ini (buat masukin/include/manggil class PHPExcel) di file excel.php:

error_reporting(E_ALL);ini_set('include_path', ini_get('include_path').';PHPExcel/'); 
include 'PHPExcel.php'; 
include 'PHPExcel/Writer/Excel2007.php';

Terusss, tulis lagi kode di bawah ini, untuk manggil class PHPExcel dan bikin font style globalnya:


$objPHPExcel = new PHPExcel(); 
$fonta= new PHPExcel_Style_Font();  
$fonta->setName('Arial');$fonta->setSize(12);  
//yang bikin dokumen ini 
$objPHPExcel->getProperties()->setCreator("Creator"); 
//yang ngubah paling terakhir 
$objPHPExcel->getProperties()->setLastModifiedBy("Modificator"); 
//judul 
$objPHPExcel->getProperties()->setTitle("Title"); 
//subjeknyo 
$objPHPExcel->getProperties()->setSubject("Subject"); 
//deskripsi 
$objPHPExcel->getProperties()->setDescription("Description");

Sekarang, bikin nomer sheet nya (jadi bisa bikin beberapa sheet). Misalnyo sheet 0. Dan atur page setupnya:

$objPHPExcel->setActiveSheetIndex(0); 
$sheet=$objPHPExcel->getActiveSheet(); 
$margin=$sheet->getPageMargins(); 
$mleft= 1.5/2.54; 
$mright= 0.6/2.54; 
$mtop= 4.5/2.54; 
$mbottom= 1.9/2.54; 
$margin->setTop($mtop);  
$margin->setBottom($mbottom); 
$margin->setLeft($mleft); 
$margin->setRight($mright);

Atur page setupnya kalo kepengen lebih lengkap. Contohnye halaman itu landscape ato potrait dll:

$objPHPExcel->getActiveSheet(0)->getPageSetup()->setOrientation(PHPExcel_Worksheet_PageSetup::ORIENTATION_PORTRAIT); 
$objPHPExcel->getActiveSheet(0)->getPageSetup()->setPaperSize(PHPExcel_Worksheet_PageSetup::PAPERSIZE_A4); 
$objPHPExcel->getActiveSheet(0)->getPageSetup()->setFitToPage(true); 
$objPHPExcel->getActiveSheet(0)->getPageSetup()->setFitToWidth(1); 
$objPHPExcel->getActiveSheet(0)->getPageSetup()->setFitToHeight(0);

Atur lebarnya column. Misalken column A lebarnya 10 px, dst:

$objPHPExcel->getActiveSheet(0)->getColumnDimension('A')->setWidth(10); 
$objPHPExcel->getActiveSheet(0)->getColumnDimension('B')->setWidth(35); 
$objPHPExcel->getActiveSheet(0)->getColumnDimension('C')->setWidth(30); 
$objPHPExcel->getActiveSheet(0)->getColumnDimension('D')->setWidth(20); 
$objPHPExcel->getActiveSheet(0)->getColumnDimension('E')->setWidth(20);

Tulis susuatu di column A:
$objPHPExcel->getActiveSheet(0)->SetCellValue('A2', 'Percobaan');
Lanjutkan!!! Ke column berikutnya:
$objPHPExcel->getActiveSheet(0)->SetCellValue('B3', 'PHP To'); 
$objPHPExcel->getActiveSheet(0)->SetCellValue('C4', 'Excel'); 
$objPHPExcel->getActiveSheet(0)->SetCellValue('D5', 'Dengan'); 
$objPHPExcel->getActiveSheet(0)->SetCellValue('E6', 'PHPExcel');


Setelah itu semua, mari kita bikin agar saat kita manggil localhost/exc/excel.php agar langsung dapet file download Excel.xls:

header('Content-Type: application/vnd.ms-excel'); 
header('Content-Disposition: attachment;filename="Excel.xls"'); 
header('Cache-Control: max-age=0');   
$objWriter = PHPExcel_IOFactory::createWriter($objPHPExcel, 'Excel2007'); 
$objWriter->save('php://output'); 
exit;




Wednesday, March 18, 2015

Sugar - Maroon 5

I'm hurting, baby, I'm broken down
I need your loving, loving
I need it now
When I'm without you
I'm something weak
You got me begging, begging
I'm on my knees

I don't wanna be needing your love
I just wanna be deep in your love
And it's killing me when you're away, ooh, baby,
Cause I really don't care where you are
I just wanna be there where you are
And I gotta get one little taste

Sugar
Yes, please
Won't you come and put it down on me
I'm right here, 'cause I need
Little love and little sympathy
Yeah, you show me good loving
Make it alright
Need a little sweetness in my life
Sugar
Yes, please
Won't you come and put it down on me

My broken pieces
You pick them up
Don't leave me hanging, hanging
Come give me some
When I'm without ya
I'm so insecure
You are the one thing, one thing
I'm living for

I don't wanna be needing your love
I just wanna be deep in your love
And it's killing me when you're away, ooh, baby,
Cause I really don't care where you are
I just wanna be there where you are
And I gotta get one little taste

Sugar
Yes, please
Won't you come and put it down on me
I'm right here
Cause I need
Little love and little sympathy
Yeah, you show me good loving
Make it alright
Need a little sweetness in my life
Sugar! (Sugar!)
Yes, please (Yes, please)
Won't you come and put it down on me

Yeah
I want that red velvet
I want that sugar sweet
Don't let nobody touch it
Unless that somebody's me
I gotta be a man
There ain't no other way
Cause girl you're hotter than a southern California day

I don't wanna play no games
I don't gotta be afraid
Don't give me all that shy shit
No make-up on
That's my

Sugar
Yes, please
Won't you come and put it down on me (down on me!)
I'm right here (right here), 'cause I need ('cause I need)
Little love and little sympathy
So, baby, you show me good loving
Make it alright
Need a little sweetness in my life
Sugar! (Sugar!)
Yes, please (Yes, please)
Won't you come and put it down on me

Sugar
Yes, please
Won't you come and put it down on me
I'm right here, cause I need
Little love and little sympathy
Yeah, you show me good loving
Make it alright
Need a little sweetness in my life
Sugar
Yes, please
Won't you come and put it down on me

Blank Space - Taylor Swift

Nice to meet you, where you been
I could show you incredible things
Magic, madness, heaven, sin
Saw you there and I thought
Oh my God, look at that face
You look like my next mistake
Love's a game, wanna play

New money, suit and tie
I can read you like a magazine
Ain't it funny, rumors fly
And I know you heard about me
So hey, let's be friends
I'm dying to see how this one ends
Grab your passport and my hand
I can make the bad guys good for a weekend

So it's gonna be forever
Or it's gonna go down in flames
You can tell me when it's over
If the high was worth the pain
Got a long list of ex-lovers
They'll tell you I'm insane
'Cause you know I love the players
And you love the game

Cause we're young and we're reckless
We'll take this way too far
It'll leave you breathless
Or with a nasty scar
Got a long list of ex-lovers
They'll tell you I'm insane
But I've got a blank space, baby
And I'll write your name

Cherry lips, crystal skies
I could show you incredible things
Stolen kisses, pretty lies
You're the King, baby, I'm your Queen
Find out what you want
Be that girl for a month
Wait, the worst is yet to come, oh no

Screaming, crying, perfect storms
I can make all the tables turn
Rose garden filled with thorns
Keep you second guessing like
Oh my God, who is she
I get drunk on jealousy
But you'll come back each time you leave
Cause, darling, I'm a nightmare dressed like a daydream

So it's gonna be forever
Or it's gonna go down in flames
You can tell me when it's over
If the high was worth the pain
Got a long list of ex-lovers
They'll tell you I'm insane
'Cause you know I love the players
And you love the game

Cause we're young and we're reckless
We'll take this way too far
It'll leave you breathless
Or with a nasty scar
Got a long list of ex-lovers
They'll tell you I'm insane
But I've got a blank space, baby
And I'll write your name

Boys only want love if it's torture
Don't say I didn't say, I didn't warn ya
Boys only want love if it's torture
Don't say I didn't say, I didn't warn ya

So it's gonna be forever
Or it's gonna go down in flames
You can tell me when it's over
If the high was worth the pain
Got a long list of ex-lovers
They'll tell you I'm insane
'Cause you know I love the players
And you love the game

Cause we're young and we're reckless
We'll take this way too far
It'll leave you breathless
Or with a nasty scar
Got a long list of ex-lovers
They'll tell you I'm insane
But I've got a blank space, baby
And I'll write your name

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting