Wednesday, December 29, 2010

Manajemen Sistem Informasi

Manajemen

Umumnya manajemen mengacu pada individu-individu dalam organisasi yang bertanggung jawab untuk memimpin dan mengarahkan perencanaan, pengelolaan, penyediaan staff, pengawasan dan pengendalian aktifitas bisnis. Kelima fungsi ini adalah tugas utama manajemen yang dalam penjelasan lebih rinci adalah :

  • Perencanaan kegiatan manajer untuk menentukan tujuan dan membangun rencana jangka panjang dan pendek untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut.

  • Pengelolaan struktur organisasi, standar dan prosedur kerja, rancangan kebijakan untuk melakukan aktifitas bisnis.

  • Penyediaan staff adalah tanggung jawab untuk identifikasi kebutuhan staff, rekrutmen, pelatihan dan penempatan.

  • Pengawasan mengarah ke pendampingan, bimbingan dan pengawasan terhadap pekerja atau staff. Ini untuk membuat mereka selalu termotivasi, produktif dan menghasilkan produk yang sesuai dengan kualitas yang ditentukan.

  • Pengendalian adalah tanggung jawab untuk memonitor kinerja organisasi dan ekonomi perusahaan serta lingkungan perusahaan sehingga langkah yang diambil meningkatkan kinerja dan keuntungan perusahaan.


  • Setiap fungsi-fungsi di atas melibatkan pengambilan keputusan, dan informasi dibutuhkan untuk dapat mengambil keputusan yang tepat. Untuk itu manajemen menentukan sistem informasi dan sub sistemnya.

    Sistem informasi bisnis untuk mendukung aktifitas-aktifitas bisnis di atas berkembang dari masa ke masa. Tingkat keterlibatan sistem informasi bisnis berbasis komputer makin lama makin luas dan dalam. Beberapa sistem informasi bisnis yang umum diimplementasikan dalam organisasi adalah transaction processing system, management information system dan decicion support system.

    0 komentar:

    Post a Comment

    Thanks a lot for your attention...

    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

     
    Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting