Thursday, July 14, 2011

Analisa Proses Bisnis

Pengertian Proses Bisnis


Manajemen Proses bisnis akan menghasilkan suatu produk serta kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan berdasarkan tujuan perusahaan tersebut. Proses bisnis adalah instrumen kunci bagi orang yang mengorganisir aktivitas bisnis dan meningkatkan pemahaman dari hubungan timbal balik mereka (Pemilik bisnis-Konsumen) .
Untuk Proses bisnis bisa didefinisikan sebagai berikut :




  1. Definisi 1.1 -> Suatu proses bisnis terdiri dari satu set aktivitas yang dilakukan di koordinasi di dalam suatu lingkungan teknis dan organisatoris. Aktivitas ini secara bersama-sama mewujudkan suatu tujuan bisnis. Masing-Masing proses bisnis ditetapkan oleh organisasi tunggal, tetapi mungkin saling berhubungan dengan proses bisnis yang melakukan kerjasama dengan organisasi lain.

  2. Definisi 1.2 -> Manajemen Proses bisnis meliputi konsep, metoda, dan teknik untuk mendukung disain, administrasi, konfigurasi, pengundangan, dan analisa proses bisnis.

  3. Definisi 1.3 -> Suatu sistem manajemen proses bisnis adalah suatu perangkat lunak umum sistem yang dikemudikan oleh penyajian proses tegas/eksplisit untuk mengkoordinir pengundangan/peraturan proses bisnis.

  4. Definisi 1.4 Suatu model proses bisnis terdiri dari satu set model aktivitas dan batasan pelaksanaan antara mereka (pelaku bisnis). Suatu kejadian proses bisnis menghadirkan suatu kasus kuat dalam bisnis yang secara operasional dari suatu perusahaan/ organisasi, yang terdiri dari kejadian aktivitas bisnis. Masing-Masing model proses bisnis bertindak sebagai suatu cetakbiru untuk seperangkat kejadian proses bisnis, dan masing-masing model aktivitas bertindak sebagai suatu cetakbiru untuk satu set kejadian aktivitas bisnis.








Siklus Proses Bisnis


Lifecycle menunjukkan bahwa dalam kegiatan proses bisnis yang dilakukan akan berjalan tiada henti dan akan berbentuk sebuah siklus..
Tahap terorganisir merupakan kegiatan membentuk suatu organisasi dalam pengerjaan proses bisnis, agar kegiatan-kegiatan yang dilakukan secara terpisah dan dikerjakan secara teratur dan terencana secara baik. Dalam suatu organisasi nantinya setiap bagian akan adanya ketergantungan terhadap bagian yang lain.



Disain Dan Analisa



Dalam desain dan analisa proses bisnis, adanya kegiatan membuat suatu model atau bentuk bagaimana bisnis tersebut dijalankan. Model Proses bisnis tegas/eksplisit menyatakan suatu notasi grafis memudahkan komunikasi tentang proses bisnis, sedemikian sehingga berbeda dan dapat dikomunikasikan secara efisien dan efektif.



Business Processes Conceptual Model


Proses bisnis terdiri dari aktivitas pelaksanaan yang pengerjaannya adanya pemegang kendali dari proses bisnis itu sendiri, kegiatan tersebut dikerjakan secara manual. Dimana aktivitas manual tidaklah didukung oleh sistim informasi. Suatu contoh suatu aktivitas manual adalah mengirimkan suatu parsel untuk suatu mitra bisnis. Aktivitas Interaksi Pemakai adalah aktivitas yang mengetahui para pekerja melaksanakan, menggunakan sistim informasi. Tidak ada satupun aktivitas phisik yang dilibatkan. Suatu contoh suatu aktivitas interaksi manusia sedang memasuki data pada suatu klaim asuransi di dalam suatu panggilan terpusat dilingkungan. Karena manusia menggunakan informasi sistem untuk melaksanakan aktivitas ini, aplikasi dengan alat penghubung pemakai yang sesuai dan perlu untuk digunakan oleh para pekerjaan efektif. Aplikasi ini harus terhubung ke back-end sistem aplikasi yang menyimpan data yang dimasukkan dan tersedia untuk penggunaan pada masa depan.


Beberapa aktivitas yang diselenggarakan untuk suatu bisnis proses manual, tetapi menyatakan perubahan yang dimasukkan ke dalam suatu bisnis




Peranan Enterprise Services Bus


Jasa Perusahaan Bus


Di dalam suatu pengembangan terbaru, pengintegrasian aplikasi perusahaan middleware menyediakan perangkat lunak yang distandardisasi dan menghubungkan ke aplikasi perusahaan itu.



Suatu jasa/layanan perusahaan bus menghilangkan perbedaan aplikasi perusahaan dengan jasa/layanan yang lain. Untuk merealisasikan alat penghubung layanan ini, teknologi akan berusaha mengintegrasikan aplikasi perusahaan tradisional yang digunakan secara unik. Dengan memperkenalkan perusahaan middleware tradisional yang distandardisasi dan terhubung ke dunia luar. Suatu jasa perusahaan bus merupakan satu langkah di luar perusahaan tradisional yang menyatujan aplikasi middleware. Jasa/layanan perusahaan bus adalah juga digunakan oleh penjual perangkat lunak ke merek sebelumnya dan teknologi yang ada untuk memasarkan perangkat lunak tersebut.


Sumber : didapat dari berbagai sumber di internet

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Thanks a lot for your attention...

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting