Tuesday, March 8, 2016

Perjalanan Jauh 4

Dalam perjalanan ke Mekkah, mampir dulu ke Bir Ali buat ngambil miqot. Kek gitu juga aq baru tau. Emang sih ilmu agama aq sedikit. Makana dipanggil umroh biar aq disuruh blajar agama yang banyak. Sampe Bir Ali langsung ganti pakaian ihrom. Ndak usah malu-maluan langsung ganti di dalem mesjid. Lagian yang laen kek gitu semuna. Emang sih pertama kali pake ihrom bingung. Hehehe. Rasana beda seperti biasana. Tapi mau gimana lagi, emang harus ikhlas dalam ibadah. Untung aja ndak aq rasain. Yang penting maju terus. Dari Bir Ali menuju Mekkah.

Ambil miqot di Bir Ali

Sampe Mekkah jam 10an malem. Langsung maem-maem en persiapan. Jam 11 malem baru menuju Masjidil Haram. Huaaaa... akhirna aq bisa kesana. Ndak nyangka bisa kesana. Abis solat langsung menuju Kakbah, tawaf. Huaa dihiasi bulan purnama berkeliling Kakbah. Waktu itu suasananya bener-bener puadet. Emang waktuna liburan. Orang Arab sendiri banyak yang umroh ditambah dari Turki, Bangladesh, India, Yaman, apalagi dari Indonesia pualing buanyak.

Habis tawaf ngumpul terus sholat sunnah di belakang maqom Ibrahim. Katana tuh tempat multazam. Itu juga aq baru tau. Disono emang sih, ndak kuat. Perasaan aq langsung ilang semuna. Alhamdulillah dikasi kesempatan bisa bermesraan ama sang Pencipta. Aq jadi merasa bersalah biasana bisa mesra-mesraan lama sama anak istri aq, tapi sama yang di atas kok cepet-cepetan. Astagfirullah... Abis itu menuju bukit Safa, buat ngelakuin Sya'i. Lha ini yang bikin aq bener-bener cupangat sak gunung jebhol. Aq liat udah jam 2 an, malah mbikin aq semangat, ndak ngantuk blass. Apalagi disono ndak malah tambah sepi di tengah malem, malah tambah rame, tambah padet. Subhanallah. Saking cemangat, muterin 7 kali ndak aq rasain. Blass ndak kerasa capek. Yang ada cuma cupangat. Padahal biasana jalan-jalan cuma 2 jam udah krasa kaku semuna. Mungkin udah aq niatin en ndak berpikir kalo aq bisa capek. Mungkin juga kalo mimik, mimik air zam-zam. Abis Sya'i terus tahalul. Potong rambut cuma beberapa helai. Kalo langsung digundul nanti umroh keduana ndak ada yang bisa dipotong. Hehehe. Habis itu semuana bingung. Terpencar. Emang nanggung udah jam setengah 4 an. Jam setengah 6 baru waktu subuh. Kalo kembali ke hotel lumayan makan waktu. Jarak ke hotel 500 an meter. Lagian sekarang kamarna paling atas sendiri. Jadi aq sama rekan aq mutusin tetep di Masjidil Haram.

Wudhu dulu mau Sholat Subuh

ambil menunggu subuh sambil nyari tempat wudhu. Habis wudhu, nyari tempat, nyasar-nyasar akhirna dapet tempat di basement.

Habis Sholat Subuh

Habis solat Subuh langsung menuju hotel. Ganti baju dulu baru turun lagi ke restorannya, maem pagi. Habis maem dikasi tau kalo mau Jumatan jam 10 langsung berangkat. Biar dapet tempat. Tapi mumpung ada waktu boboan dulu. Ndak tau. rasanya bobo tapi gak bobo. Antara sadar dan ndak. Emang gak biasa bobo jam segituan jadi ndak bisa bobo. Padahal sebenere kalo pake logika aq pasti nguantuk, cuapek. Tapi ndak aq rasain. Emang cupangat aq terbakar-bakar. Mungkin ngeliat cupangat jamaah tiap solat 5 waktu kek jumatan terus. Dari sono aq bertanya-tanya sendiri. Kenapa aq kok cupangat banget. Padahal kalo di rumah aq krasa berat ke mesjid padahal deket. Emang disuruh sering-sering ke mesjid. Emang banyak yang harus aq perbaiki buat diri aq sendiri, makana aq sampe dipanggil ke Masjidil Haram. Abis solat jumat langsung mbalik ke hotel. Dan begitu seterusna. Mbolak-mbalik ke Mesjid. Pernah Dari Ashar nggak pulang sampe Isya. Pernah juga tawaf sunnah sendiri. Soalna aq kepisah sama rekan aq. Eh waktu di hotel cerita-cerita lha kok keliatan padahal aq sama temen aq di tempat yang sama. Di Mekkah aq ndak tau kalo ada pusat perbelanjaannya. Jadi di Mekkah cuma kalo gak ke hotel ke Masjidil Haram.

Lha waktu malem minggu. Mule Ashar ndak mbalik ke hotel. Pindah-pindah tempat doank. Mau sholat Magrib aq ngumpul sama orang-orang Arab. Ternyata tradisina orang sono begitu. Sebelum sholat Maghrib bagi-bagi kurma madu en air zam-zam. Maem bareng-bareng. Waktu itu aq kepisah lagi ama rekan aq. Habis sholat, bagi-bagi maem lagi. Roti Arab, guedhe banget. Aq maem kuat cuma seperempatna. Hehehe. Apalagi keras rasana hambar. Emang orang sono gak suka manis-manis. Yang ngabisin selai kacangna cuma aq doank. Orang sono suka mentega asin. Abis itu pindah tempat. Nyari tempat yang tenang. Hehehe. Biar bisa baca-baca Al-Qur'an. Kalo capek baru wiritan. Hehehe.

Besokna baru keliling kota Mekkah. Sekalian ambil miqot buat umroh kedua.  Pertamanyo ke Jabal Rahmah. Pertamana sih ngeliat banyak orang-orang banyak yang mendaki bukit. Aq  antara kepengen sama ndak tapi rekan aq cemangat kepengen ke atas. Ya udah aq jadi ikut-ikutan terbakar. Meski tebingna lumayan serem aq panjat. Jadi inget masa muda aq naek-naek bukit. Jadi aq keturutan bisa naek-naek bukit lagi semenjak aq nikah. Kalo dipikir, aq nekat, ngelewatin batu curam. Mungkin ndak q rasain, yang ada cuma cupangatna doank. Akhirna sampe juga di puncak. Di mana pertemuan Nabi Adam dan Hawa. Di sono aq berdoa buat sapa aja yang titip doa biar cepet ketemu jodoh. Buat aq juga biar aq tetep mesra ama istri aq sampe kapanpun en ditemuin di akherat nanti. Amin...

Mau naek Jabal Rahmah

Hampir menuju Puncak Jabal Rahmah

Akhirnya sampe juga di Puncak Jabal Rahmah


Waktu mau turun. Ealah... ada tanggana yang lebih aman. Emang letakna muterin bukit dulu. Akhirna turuna lewat tangga aja. Nyari yang lebih aman. Waktu perjalanan menuju bis aq ketemu orang perempuan ditinggal sama rombongana. Sambil nangis-nangis. Orangna dari Bandung. Moga-moga udah bisa mbalik ke tempat tinggalna. Rekan aq sempet nyari trepel orang itu. Tapi ternyata bukan. Jadi inget lagi kata Pak Ustadz, perjalanan sebagian dari adzab. Mungkin juga adzab orang itu. Atau juga peringatan bagi aq. Mungkin aq kurang perhatian buat anak istri aq, kok bisa aq liat orang perempuan ilang di negeri orang. Pokokna semuana jadi pelajaran buat diri aq. Abis itu, ngumpul di deket bis. Setelah masuk bis. Liat di sebelah ada tempat wudhu. Ya udah turun lagi buat wudhu biar waktu ngambil miqot ndak bingung mau wudhu lagi. Akhirna ngelanjutin perjalanan menuju Ji'ronah ambil miqot. Sampe sono, di mesjidna langsung ke sof yang paling depan. Ganti ihrom, cari yang sepi. Hehehe. Ndak usah malu-maluan yang penting cupangat. Emang selama q disono aq bukan seperti yang biasana. Hehehe. Lebih cupangat banget.

Mina. Yang pada tahun 2015 terjadi kebakaran

Mina. Tempat Tenda kelompok Jamaah dari Indonesia


Akhirno, sampe hotel, langsung maem. Habis itu berangkat ke Masjidil Haram. Umroh yang kedua. Lalala yeyeye, cupangat, cupangat, cupangat, go go go... Langsung ngikutin prosesi umroh. Udah ngerti prosesna jadi gak bingung kek yang pertama. Udah tawaf, sholat sunnah, berdoa. Huaaa, jadi gimana gitu. Soalna besok udah pulang. Antara berat, tapi seneng bisa ketemu anak istri lagi, seneng tapi piye yo. Pokokne campur uaduk. Habis itu langsung Sya'i, baru tiga putaran ternyata udah adzan Ashar. Ya udah langsung bikin sof di antara bukit Safa dan Marwah. Abis solat, ngelanjuti Sya'i. Abis itu tahalul lagi. Hehehe. Mau nggundul ya ndak bisa, gantian sama yang laen.

Tahalul

Abis sholat Isya, waktu maem malem ngumpul. Semuana gundul tinggal aq en rekan aq yang belum. Biar kompakan en biar apdol umrohna, digundul di deket hotel. Gak ada 5 menit udah plontos. Hehehe. Abis itu ngumpul-ngumpul lagi di restoran hotel. Minum kupi. Pusing. Mungkin gak aq rasain. Bobona ndak pernah pulas. Atau emang lagi on air (masuk angin). Abis itu bobo. Istrirohat persiapan buat besok perjalanan en hari yang puanjang en padet.

Pagi, seperti biasa langsung ke Masjidil Haram jam tigaan, sendirian. Soalna terakhir, makana banyak-banyak ibadah disono. Rekan aq kebalikana, jam 3 baru pulang. Ibadah semaleman sekalian keliling-keliling di pusat perbelanjaan deket Masjidil Haram. Abis itu jam 7 an baru mbalik hotel. Langsung maem-maem. Jam 8 an, ke Masjidil Haram lagi. Tawaf wada sampe jam 10 an. Abis itu baru keliling sama rekan aq ke pusat perbelanjaan. Baru tau kalo ada gituannya. Hehehe. Tapi ndak beli apa-apa. Disono juga ada ATM. Pake atm BRI bisa. Langsung di convert ke riyal. Tinggal ada biaya tambahan aja. Jalan-jalan cuma sejam langsung mbalik hotel. Langsung maem en siap-siap mau mbalik ke Indonesia.


Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Thanks a lot for your attention...

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting