Tuesday, March 8, 2016

Perjalanan Jauh 3

Habis maem dari restoran, langsung menuju kamar sambil nyari kuper. Setelah bingung nyari tas kuper, now bingung nyari kamar. Hehehe. Abis ketemu kamarna, langcung macuk. Huaaaa sebenere sekamar berdua doank sama rekan aq. Tapi, dapet kamar buat berempat. Jadi bingung mau bobo yang mana. Hehehe. Abis nata-nata, nyiapin apa aja yang mau dipake langsung mandi. Gak nyadar kalo di sono lagi musim dingin. Nekat aja mandi pake air anget. Habis mandi langsung. Maknyus, duingin. Sambil nungguin rekan aq mandi, ngeluarin maeman yang dapet dari bis tadi. Biar kalo ada waktu cemil-cemil, langsung ngabisin maeman.

Berdua dapet kamar berempat


Ndak ada seperempat jam, semuana udah singap. Langsung turun ke lobi, ngumpul. Setelah ngumpul semuna. Akhirna menuju Masjid Nabawi. Ndak nyangka, bisa ke luar negeri, apalagi pertama kali langsung ke Arab. Ndak nyangka bisa ke mesjid bersejarah. Nabi Muhammad sendiri yang ikutan mbangun mesjid ini. Menuju kesana ndak ada 500 meter. Sambil liat kanan kiri, banyak toko macem-macem. Sambil liat hotel-hotel. Bener-bener tertata baik, tinggi bangunan hampir sama semuna, catnya hampir sama semuna, jalannya juga mirip-mirip. Yang bedain namanya doank. Udah sampe Mesjidna, bener-bener bingung dah. penampakannya setiap sudut sama semua. Yang bedain nomer toiletna. aq sendiri gak ngapalin. Patokan aq penampakan crane. Ndak tau itu sebelah barat, timur, utara, selatan. Kalo di Indonesia gampang nyari sebelah barat. Tinggal nyari mesjid kiblatnya dimana. Kalo di sono mbingungin. Hehehe.  

Malem-malem masih rame


Setelah masuk masjid Nabawi. Subhanallah, aku bisa kesana. Gak nyangka. Padahal banyak orang-orang kepengen kesono. aq kesono gratis modal tenaga doank. Huaaa. Sholat tepat di bawah atap yang bisa buka tutup. Waktu itu lagi dibuka. Habis solat bisa menikmati pemandangan langit Kota Madinah. Abis solat serombongan menuju raudhah. aq sendiri sebenere baru pehem raudhah itu apa. Dikasi tau ama ustadz, katana kalo disono tuh taman surga. Katana doa disana manjur. Langsung cupangat. Sampe sono ternyata udah membludak banyak yang antri. Ya udah aq ikut-ikutan aja. Lumayan, ndesel-ndeselan sama orang sak dunyo. Gedhe-gedhe. Ada yang kecil juga. Waktu udah mau deket. Ini yang menegangkan. Pada dorong-dorongan semua. Apalagi ada yang dibuka, langsung pada ndorong semua. Daripada mencelakai diri aq sendiri ato dorong dorong orang bisa-bisa mencelakai urang liannya. Mending aq lari ke tempat sepi, ke tempat orang-orang tua. Hehehe. Ke tempat orang-orang tertindas. Lha kok aq malah bingung. Aq mauna mbalik maksudna nyari jalan laen eh disuruh maju terus. Ya udah ngikutin aja, ternyato aq termasuk terdepan. Pokokna posisi aq aman. Meski udah tengah malem, tetep aq bela-belain dah. Pokokna sabar nunggu giliran aq masuk. Meski aq udah kepisah sendirian dari kelompok trepel aq. Ndak tau kelompok trepel aq udah pa belum. Nunggu 3 gelombang, baru gelombang aq bisa masuk. Huaa bener-bener terbuka karena aq di depan. Langsung nyari tempat dipojok biar tenang. Ada urang saking senengnyo sampe bingung, padahal udah dapet sof tapi bingung sofna dimana en kiblatno dimano.

Emang beda. Ndak tau. Yang aq rasain emang beda. Di raudhah bener-bener bisa khusuk. Beda seperti biasana. Apalagi waktu sujud yang aq rasain bener-bener beda. Apalagi kata ustadz sebisa mungkin kalo sujud dikhusuk-khusukin. Sebentar aja bisa langsung masuk ke ati, pengen nangis, bener-bener gak kuat. Abis itu krasa damai banget, tuenank banget. Makana kenapa urang-urang sak dunyo berebut bisa solat en bedoa di raudhah. Alhamdulillah Allah ngasi aq kesempatan en ngijinin bisa solat en tobat disono. Mungkin aq diperingati sama Allah, aq selama ini sholatna grusak grusuk jebas jebus. Padahal solat khusuk itu bener-bener nikmat. Subhanallah. Itu juga kenapa raudhah disebut taman surga. Indahna tempat di dunia tak senikmat aq rasain waktu di raudhah. Sampe sekarang kalo bayangin solat disana masih krasa nikmatnyo di ati.

Habis solat en bedoa sambil sujud lamo di raudhah, sambil berkaca-kaca langsung bergegas menuju keluar masjid. Ngelewatin makam Nabi Muhammad en sahabatna. Banyak askar yang jaga-jaga biar gak ada orang yang melakukan tindakan yang ndak sesuai di depan makam nabi. Wadoh, keluar langsung bingung en lupa jalannya. Ya udah nekat aja keluar sendirian. Nyari kelompok trepel aq ndak ada seorang pun. Aq emang kepencar sendirian. Nyoba jalan menuju keluar, seandaina nyasar tpaksa nyari petugas en tanya-tanya. Ternyata bener, lha kok entah aq dimana. Hehehe. Ya udah nyoba muterin gang. Lumayan suepi gelap, emang bingungin. Selaen malem, bangunannya mirip semua. Malah ketemu jalan tol.Belok kiri lagi, akhirna nemu masjid Nabawi lagi. Akhirna mbalik lagi ke tempat keluar tadi. Hehehe. Akhirna ketemu kelompok aq ples ustadzna. Untung sajo. Tapi rekan aq ndak tau dimano rimbona. Pikir aq udah keluar en udah di hotel. Seandaina belum di hotel biar aq tunggu aje di hotel. Mumpung aq ada barengnyo mbalik. Daripada nyasar lagi. Hehehe.  

Sampe hotel, emang bener rekan aq belum dateng. Untung aje kunci kamar aq yang pegang. Langsung WA rekan aq. Lumayan lama akhirna dibales. Biar gak nyari aq muter-muter masjid, bisa-bisa bernasib kek aq. Hehehe. Baru ngerasain nikmatna ke mesjid Nabawi. Langsung kepengen umroh lagi bareng istri aq, bareng keluarga aq. Biar gak melas kek gini. Nyasar-nyasar sendiri, apalagi liatin orang laen pada bawa keluargana. Jadi nambah keyakinan ati aq. Bahwa suatu saat pasti bisa umroh lagi bareng keluarga aq. Amin.  Ternyato ndak keraso, udah jam setengah 12 malem. Ndak lamo kemudian rekan aq dateng. Jadi tenang deh. Langsung ndak usah ngapa-ngapain lagi, langsung bobo. Besok bangun pagi biar bisa solat malem di Nabawi.

Pemandangan kota Madinah


Bobona bangun-bangun terus. Mungkin kepikiran takut gak bisa bangun pagi. Akhirna jam 3 an bangun. Mau mandi lha kok airna duingin. Akhirna cuma wudhu doank. Abis itu langsung ganti kostum ples pake jaket biar gak kedinginen. Langsung berangkat sama rekan aq, menuju mesjid Nabawi. Dapet tempat sof lumayan di depan. Deket jalan masuk raudhah. Kebetulan masih sepi. Waktu itu subuhna jam setengah 6 an. Abis solat, mbalik ke hotel. Di tengah perjalanan liat-liat orang jualan. Hehehe. Disono banyak yang jualan bisa pake bahasa Indonesia. Kebetulan aq ndak bawa duit. Kata orang-orang sih emang disuru jangan bawa barang-barang berharga. Hehehe. Makana gak bawa dompet gak bawa hp. Cuma liat-liat aja. Kalo ada yang sreg baru bawa duit. Sampe hotel langsung maem pagi. Biar tenang mending maemna dibawa ke kamar. Lagian gak terlalu tinggi lantaina. Cuma naek tangga 2 lantai. Jadi gak usah naek lift. Liftna antrina ndak karuan. Sekalian latian fisik buat Sya'i. Habis maem cepet-cepetan (kali ini maemna ndak rendang lagi, yang laen), langsung ngumpul ke lobi. Emang jadwalna padet Apalagi ada delay dari Jakarta en proses imigrasi di Jeddah. Jadi jadwalna agak dipeksa.

Sebelum keliling kota Madinah, poto dulu


Jam setengah 8 baru keliling naek bis gedhe. Keliling kuto Madinah. Sambil diceritain ama ustadznya sambil liat kanan kiri oke. Sampe di masjid Quba. Langsung colat duha disono. Lumayan padet urang-urang yang dateng.


Masjid Quba
Pemandangan di sekitar Masjid Quba


Abis solat, eh kelompok trepel aq masih banyak yang belum slese. Ya udah menikmati udara kota Madinah. Lumayan sejuk, mendung-mendung giman gitu, tapi ndak hujan. Sambil liatin orang-orang jualan. Ada yang jual kurma muda guedhe-guedhe. Sebenere ndak tau itu kurma apaan. Baru tau waktu dikasi coba sama salah seorang dikelompok aq. Jadi kayak sawo, teksturna padet keras, manis tapi ndak semanis sawo matenk, ada masemna, boso jowone sepet. Katana urang-urang buat bu ibu yang kepengen cepet hamil. Aq ndak ikutan beli. Katana sih gampang membusuk. Selaen ntu abis ini ke kebun kurmo. Udah ngumpul semuna, langsung naek bis.

Poto-poto dulu di Masjid Quba


Menuju kebun kurma. Disono langsung ke tempat jubelna. Ndak sempet poto-poto kebuna. Antriana super. Itung-itung ne pertama kali transaksi di negeri Arab. Lumayan bingung. Bingung ngitung duitna. Hehehe. Ndak familiar sama duit riyal. Mana yang 1 riyal 5 ato 10 ato 50 ato 100 bingung yang mana. Ngitung duit berkali-kali. Takut kurang. Hehehe. Langsung beli kurma ajwa. Emang yang paling mahal diantara jenis kurma. Sebenere aq ndak pehem tentang dunia perkumaan, tapi dikasi tau en dipeseni my louphly disuru beli . Beli yang ajwa sekilo, yang biasa 2 kilo, kurma kacang sekilo (kirain kurma cuklat). Sambil inget-inget berat tas kuper aq. Kelebian berat bisa beheye ini. Hehehe. Waktu itu, ajwa hargana 70, yang biasa paling murah 20, yang kurma kacang lupa. Hehehe. Mungkin 30an. (Semuana dalam bentuk riyal). Sebenernye bisa aje pake rupiah. Yang jual udah siap kalkulator tinggal di kurskan. Jadi kalo ke kebun kurma mau beli-beli pake rupiah ndak masalah. Tapi emang, katana kalo di Madinah pake mata uang selaen riyal masih banyak yang mau. Beda kalo di Mekkah.

Abis dari kebun kurmo, langsung pulang menuju hotel lagi. Pertamanyo ke Jabal Uhud. Sempet poto-poto. Sambil liatin bukit yang dibuat pasukan pemanah waktu perang jaman Nabi Muhammad.  Ngelewatin masjid Qiblatain, masjid Jinn. (Kalo ndak salah, lupa-lupa inget). Ndak mampir soalna ngejar dhuhur di masjid Nabawi.

Pemandangan Jabal Uhud

Udah sampe hotel, langsung cepet-cepetan ke mesjid. Habis solat mule hunting. Hehehe. Rekan aq nyari-nyari parfum. Kalo aq masih belum kepikiran mau beli apa aja. Masih blank. Hehehe. Waktu habis solat Maghrib ato Isya, aq lupa, langsung liat-liat orang jualan. Ada yang jerit-jerit 5 riyal. Baju buat perempuan. Tapi aq tertarik sama coklat. Buat oleh-oleh anak istri aq. Hargana 15 riyal sekilo. Aq beli sekilo sementara. Habis itu nyari-nyari di toko deket hotel. Ternyata coklat yang sama malah lebih mahal. Ya udah besok mau beli lagi buat temen-temen kantor aq yang di Malang.

Waktu solat subuh, aq udah siapin duit gak kek kemaren. Hehehe. Beli cuklat lagi 2 kilo, mengingat di tempat ini lebih murah di tempat laena. Trus jalan-jalan, nemu parfum murah cuma 5riyal. Langsung aq beli 2. Buat aq sendiri en istri aq (coba gitu beli banyak buat sodara-sodara aq). Emang sih aq itu orangna gak jago beli-beli. Bingung mau buat uleh-uleh buat yang di Indonesia. Abis itu nemu parfum kecil. Bauna keren, tahan ampe 12jam. Langsung beli sekardus. Isina 12 botol. Sebenere 60, aq tawar 50, mau. Hehehe. Jadi nambah bawaana. Jadi maem di restoran sambil bawa blanjaan. Hehehe. Abis maem, langsung aq packing di kuper blanjaan aq. Untung sajo aq bawa tas gendong. Bisa buat nyimpen ihrom. Soalna tas kuper buat ditumpuk-tumpuk di bis. Abis itu, masih ada waktu, aq buat jalan-jalan sama rekan aq. Sebelum jalan-jalan, aq tuker duit di sebelah hotel. Dapet 100 riyal persiapan beli-beli. Jalan-jalan nyari abaya buat istri aq. Langsung nemu. Huaa nyari buat si ndut, sulit. Jadi bingung. Yang penting udah dapet semuana, sebenere banyak pesenan, tapi cuma itu doank dah. Mau nyari kupi arab, eh ndak ada. Daripada salah beli ya udah gak beli macem-macem.

Abis itu boboan, sambil ngemil-ngemil. Akhirna bisa ngemil-ngemil juga. Emang jadwalna lunar binasa padetna. Tiba waktu dhuhur langsung cepet-cepetan ke mesjid. Habis itu langsung mbalik hotel langsung ke restoran, habis maem langsung ngumpul di lobi. Menuju kota Mekkah. Akhirna tiba waktuna ibadah yang ditunggu-tunggu.

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Thanks a lot for your attention...

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting