Tuesday, March 8, 2016

Perjalanan Jauh 2

Hari Senin tepatnyo, perjalanan ke tanah suci dimule. Tapi, masih mampir dulu ke kantor pusat. Pamitan. Habis maem-maem di lobi hotel sekalian cek ot, langsung menuju kantor pusat. Sampe sono, ketemu temen-temen aq yang telah berjasa menganterken aq bisa sampe ginian. Makaci buanyak buwat temen-temen yang udah ndukung, meski manis pait siang malem waras stress hujan panas kita jalenin bersama. Makaci yang udah ngasi ide sehingga terciptanya ape yang aq kerjain en bisa sampe selese. Ibaratnye aq cuma tukang kuli aja, orang lain yang jadi arsiteknyo. Makaci yang udah bantu dari awal sampe akhir sampe bisa kepake seluruh cabang. Makaci yang udah ngasi tumpangan bobo gratis, maem gratis, transport gratis. Hehehe.  Makaci juga yang udah ngasi saran en kritik, so ape yang aq kerjain sedikit demi sedikit celahnya tertutupi. Makaci juga yang udah ngasi dukungan atopun celaan. Sebenernya itu modal buwat aq bisa bertahan di tempat kerja sekarang. Sebenernya sih gak kuat, tapi aq kuat-kuatin. Emang ndak semudah orang bayengken bisa kek gini. Udah pisik diputer-puter, otak diputer-puter, ati diputer-puter. Tapi dalem ati aq mungkin ini cobaan aq. Masih banyak orang laen yang lebih diputer-puter dari aq. Hehehe.

Jadi ngomongin muter-muter. Muter-muter terus gak kelar-kelar ceritanyo ini. Hehehe. Sampe kanpus sono ke warung dulu. Mimik-mimik biar anget, padahal udah anget. Sambil liat pesawat terbang di balik gedung-gedung pencakar langit. Abis itu carito-carito di dalem ruangan. Dengerin orang yang pernah en pengalaman kesono. Abis itu pamit sama yang ngebiayain perjalanan aq en rekan aq. Huaaa jadi gak enak. Takut abis dikasi gituan tapi gak bisa berbuwat banyak lagi. Malah menurut aq jadi tanggungan. Abis pamit, terus mbalik ke ruangan tadi. Eh, acaranyo pamit disuruh ikutan rapat juga. Jadi bingung mau ngapain. Hehehe. Tapi ndak apalah daripada nunggu masih lamo. Pesawatna berangkat jam 11 malem. Rapat cuma setengah hari. Cuma sebentar. Abis itu solat dulu sekalian bersiin muka biar seger. Udah siap, baru jalan menuju bandara. Didampingin sama Kadiv aq. Huaaa... Jadi gimana gitu. Sampe mau masuk bandara lumayan muacet puol. Maklum liburan sekolah en taun baruan. Yang request tanggal berangkat kebetulan aq sendiri. Jadi gak enak sama rekan aq. Ku ndak mikirin tanggal liburan. Tapi biarin, mungkin itu semuna udah jadi ketetapan-Nya. Ampe bandara Soetta pas lagi Maghrib. Langsung jalan-jalan nyari musholla. Lumayan bingung sih. Soalna gak pernah ke terminal keberangkatan luar negeri. Hehehe.

Abis solat, langsung pamitan ama yang nganterin. Huaa bener-bener gak enak, udah diperhatiin sampe kek gini. Padahal aq sendiri... Hehehe. Maapin yaaa...Udah gitu langsung ke tempat miting puin trepelna. Di kape. Sampe sono langsung ditawarin maeman. Akhirna bisa rada nyante. Tapi, tetep detak jantung berdetak cepat. Maklum perjalanan jauh en ke tempat yang paling deket dengan sang Pencipta. Emang beda. Nunggu ndak lama, maeman dateng. Nasi uduk sama daging rendang. Huaaa ternyaaato uenak. Hehehe. Ku maem sampe habis. Tapi rasana kok kurang yaa. Abis itu dikirimin maeman lagi. Hampir sejam ndak ada yang maem. Mungkin pegawena salah kirim. Makana ndak aq apa-apain. Jadi bikin ngiler. Biar gak ngiler akhirna minta maemana dikembaliin aja. Lagian udah dingin. Hehehe. Sambil nunggu sambil maenan hp. Sambil bagi-bagi perlengkapan. Dapet buku jadwal, slayer, sama id card kalo ada apa-apa, bagi-bagi pasport en tiket. Sambil dengerin orang ngomong. Sambil ngapalin wajah orang-orang yang berangkat bareng. Hehehe. Rencananya sih pesawat berangkat jam 12 malem. Wow. Jadi lumayan cangkrukan rada lama.

Setelah nunggu lumayan lama, akhirnya bergerak juga. Jadi latian berbaris kayak anak sekolah dulu lagi. Macuk cek in terus ke imigrasi. Poto-potoan sama stempel. Prosesna cepet tapi antrina doank yang emang membludak. Udah sampe waiting room, nunggu lagi lumayan. Hehehe. Dinikmatin aja, pemandangan bandara di tengah malem. Kebetulan no seat na ndak karuan. Yang penting satu pesawat ama rekan aq. Banyak sih sebenere yang mau tukeran seat. Apalagi kalo udah masuk pesawat. Pade bingung semuna. Banyak yang kepisah-pisah. Banyak yang tukeran. Jadi pesawat mau berangkat gak jadi-jadi. Hehehe. Kalo aq sih ndak papa. Rekan aq entah dimana dudukna. Katana sih di atas. aq deket pintu di pojok ama pasutri yang umurna 50-60an. Abis itu... Ncusss terbang. Sambil berdoa en yakin aja pasti kembali sehat wal afiat ketemu lagi ama anak istri en keluarga.

Mumpung terbang cukup lama. aq paksa-paksain bisa bobo. Mau bobo eh dianterin maeman. Ndak jadi bobo. Maem rendang lagi. Perut jadi tenang. Di dalem pesawat lumayan adem. Semuana aq habisin. buat nyimpen tenaga en biar bisa bobo juga. Habis maem ya mimik. Mimikna macem-macem sampe lupa udah mimik apa aja. Ku cobain semuna pokokna. Abis mimiki, sambil remang-remang mencoba untuk bobo. Dienak-enakin sambil goyang-goyang kena awan. Sambil bedoa selalu. Biar lebih nyaman, untung aja jaket ada tupina sambil pake celimut, akhirna bisa tidur juga. Sambil ngelilir liatin layar, udah sampe mana en ketinggian ama udara di dalam pesawat. Abis itu keboboan lagi, pake posisi yang laen. Emang bingung bobona, miring kekiri, nyandar ke depan ke belakang dicobain semuna. Ehhh mungkin gak sadar bobona udah berjam-jam kerasana cepet. Tiba-tiba waktuna maem lagi. Hehehe. Sarapan pagi. Di pesawat kerjaanya maem bobo doank. Maemna macem-macem, ada puding ada ruti ada buah ama nasgor. Langsung habisin semuna. Kalo gak dimaem mubadzir. Alhasil langsung kebelet pipis. Selaen ntu persiapan mau mendarat, biar gak bingung nyari tuiletna kalo udah nyampe di bandara.

Ahirna keluar juga setelah sekitar 10 jam an dipesawat. Sebenerna sih bingung juga udah berapa jam terbang, apalagi ada beda waktu. Sampe Jeddah jam 5 an. Belum subuh di sono. Kalo wektu Indonesia udah jam 9 pagian. Mau ke masuk ke imigrasi ternyata dijeritin, Haram haram haram... Hehehe. Maksudna ndak boleh masuk dulu. Kirain mau diapain. Nunggu dulu di ruang tunggu. Sambil nunggu waktu subuh. Setengah jam nunggu, akhirna subuh. Langsung ke tuilet, sekalian pipis abis itu wudhu. Orang-orang pada bingung solatna dimana. aq sendiri sebenere bingung juga. Untung aja bawa sajadah. Bisa solat dimana aja. Mumpung aq duduk di tempat yang sepi ya udah langsung aja solat disono. Abis solat nunggu lagi lumayan waktuna. Dibikin sabar aja pokokna. Untung aja waktu di Jakarta beli tutuh sama ruti, bisa dibuat cemil-cemil daripada bengong. Sambil ngeliatin di dalem. Ternyata udah banyak urang ngantri. Emang yang namana sak dunyo ngumpul di sono. Jadi lautan manusia. Sambil maem-maem, liatin orang ngantri sambil smsan en apdet status buwat yang di rumah. Biar tau kalo udah nyampe Arab dengan sehat. Alhamdulillah.

Lagi di ruang tunggu di bandara Jeddah


Setelah 2 jam nunggu ditemenin udara yang dingin. Bingung itu dingin emang udarana ato AC. Akhirna masuk buwat stempel pasport en poto-poto. Huwawawawa emang antrina buanyak puol. Aq belakang sendiri. Mungkin ujian kesabaran juga buwat aq. Jadi inget waktu diceramahin waktu di Jakarta, disuruh sabar kata ustadz. Soalna bepergian sebagian dari adzab. Ya udah dinikmatin aja. Sambil liat-liat orang, liat-liat burung di dalem bandara terbang kesono kemari, liat-liat petugasna ternyata masih muda-muda, kayakna masih belasan taon. Emang lama, wan person aja prosesna bisa 10 15 menitan. Malah ada urang Turki tinggal distempel, eh ditinggal lari sama petugasna. Hehehe. Emang urang sana suka becanda. Tapi ndak tau sih, disengaja ato ndak ato diperlambat.

Aq liat jam sampe jam 9 belum ada pergerakan. Jam 10 malah dateng sekelompok orang dari India. Jadi di belakang aq orang India. Hehehe. Ternyata orang sono gitu. Rada-rada jahil. Tas aq dipegang-pegang. Aq biarin aja, so kul aja dah. Mungkin budaya orang India kek gitu. Akhirna berenti sendiri gak jahil lagi. Hehehe. Aq liat kanan kiri juga, ada anak kecil lutu-lutu. Jadi bingung ne dari India, Turki, Bahrain, Yaman ato mana. Tapi kayakna dari Persia, wilayah Suriah, Yaman, Palestina. Matana gedhe biru, kulitna putih, rambutna cuklat, pipina ndut. Jadi inget si ndut. Liatin anak kecil jadi ndak beraso antrinyo. Tapi urang sono, budaya antrina masih kalah sama urang Indonesia. Mungkin liat orang Indonesia antrina rapi, pake seragam kompak, ada sleyerna juga, jadi gemes, pengen ngejahilin. Hehehe.

Akhirna jam 11 an waktuna aq diperiksa. Poto deket JEBRET, poto jauh JEBRET. Stempel pasport JEDOG. Jebret jedogna cepet, loadingna lama. Mungkin kate orang-orang prosesna lama. Kalo bagi aq wajar. Bayangin aje, data seluruh dunia dipanggil salah satuna. Pasti ngabisin waktu 1-2 menitan. Gitu sebenere inprastrukturna bener-bener ekselen. Cuba kalo not gud. Bisa 2 jam. Jadi, sebenere wajar kalo proses imigrasi rada butuh waktu. Kalo loadingna sampe setengah jam, itu baru gak wajar. Jadi kalo diperiksa pasport lagi di bandara ya sabar aja dah. Abis keluar dari pemeriksaan, duduk-duduk dulu nunggu yang belum diperiksa sambil nyari tas kuper. Gak ketempil-ketempil. Tapi disuruh langsung keluar dari pintu bandara. Ya udah pasrah aja dah. Kluar dari ruangan sono langsung ke tempat tunggu. Nunggu sambil nyari kuper akhirnyo ketempil juga. Langsung lari ke tuilet. Jam 12 an baru bisa naek bis.


Menuju naek bis. Masih di bandara Jeddah

Naek bis gedhe, uadhem kayak di kolkas. Sambil nunggu yang masih ribet di imigrasi, dibagiin maeman. Gak usah liat kanan kiri depan belakang, langsung aq habisin. Hehehe. Emang capek, ternyato laper ndak aq rasain. Maem kok nikmat banget en pengen lagi. Hehehe. Maemna rendang lagi. Dari bandara Jakarta, pesawat, sampe bis maemnyo olweis rendang. Ado pertando apo ini. Hehehe. Abis maem rendang, maem ruti, mimik air putih. Sambil liatin bis sebelah. Ada orang Turki bingung nyari bis. Orangna kayak di pelem-pelem. Gak keraso maeman udah habis, udah gak nunggu-nungguan, akhirna jam atu siang berangkat juga. Prom Jeddah to Madinah.

Bisnya kayak gini

Poto bis dari dalem bis. Hehehe

Baru keluar dari bandara, eh bisna berenti. Kirain ado apo, ternyato ada pemandu yang masuk bis. Huaaa. Orangnye nungguin rombongan aq dari pagi sampe jam 1 siang. Ternyato cobaannyo ndak hanya yang umroh tapi panitiano jugo. Aq di bis sambil mata terantuk-antuk, dengerin ceramah. Abis itu baca talbiyah bareng-bareng. Huaa jadi cemangat lagi. Cuma setengah jam langsung disuruh istrirohat. Langsung aq manpaatin, langsung bobo. Kebetulan aq di belakang sendiri. Lebih luas. Minesnya AC nya ndoweh wae. Untung aja jaket ade tupina. Pake tupi jaket, hidung aq tutup pake slayer. Udah aman, bobo.

Kedinginen di dalem bis

Tapi antara sadar sama ndak. Kayakna bobo tapi kok gak merem, masih bisa ngeliat-liat padang pasir. Hehehe. Ndak tau dah. Jam 3 an, bisna berenti. Ke tempat peristrirohatan. Ada tokona. Minum tutuh teh kupi gratis. Soalna udah dibayarin sama trepelna. Tapi aq ndak ngambil. Soalna udah banyak minum. Masih 3-4 jam lagi perjalanan, jogo-jogo biar ndak sampe kebelet pipis. Ya udah langsung aja ke mesjidna. Colat dulu biar tenang. Mungkin disono lagi musim dingin. Meski terik banget, udarana tetep dingin. Abis itu nunggu yang laen menikmati teh kupi tutuh. Ku sendiri cuma duduk doank menikmati udara gurun. Duduk-duduk doank dibeliin orange jus arab. Hehehe. Alhamdulillah.
Setengah Perjalanan

Pemandangan alam di Arab Saudi

Minuman

Sejam berlalu langsung masuk bis lagi. Ngelanjutin bobo lagi. Mumpung diperjalanan dibuat ngumpulin tenaga. Kalo diliat jadwalnya emang puadet banget. Ndak terasa, keboboan, bangun-bangun ternyata udah gelap. Akhirna setelah melewati padang pasir ketemu juga bangunan-bangunan. Jam 7 an malem sampe kota Madinah. Langsung masuk hotel menuju restoran. Mau ngambil maeman ada yang teriak Haram... haram... haram... Hehehe. Maksudna salah kamar. Itu maemana catering yang lain. Bukana maeman haram. Maemana rendang lagi. Mungkin orang haji ato umroh itu hobina maem rendang. Seharian penuh maemna rendang. Hehehe. Sambil maem sambil bagi-bagi kunci kamar. Sembari dikasih tau jadwalna. Nanti jam 9 ngumpul di lobi. Bareng-bareng menuju Masjid Al-Nabawi. Huaaaa kalo inget waktu itu. Kecampur-campur, antara seneng, teharu, cupangat. Jadi inget, perasaan sama waktu aq nikah. Hehehe.

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Thanks a lot for your attention...

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting