Thursday, April 12, 2012

Apr 11, 2012: Who Am I

Hello,


Who Am I? Aku sendiri ndak tau. Lho... Aku adalah seorang pemuda yang lahir 25 tahun yang lalu di Pulau Madura dan kini tinggal di Malang. Sekarang ku bekerja sebage web programmer. Aku sendiri bingung kenapa Tuhan selalu menempatkanku pada pekerjaan ini. Waktu aku masih kecil, tidak ada bayangan, keinginan ataupun cita-cita sebage web programmer. Sampe waktu lulus SMA, waktu itu daftar kuliah di Poltek Malang, pilihan pertama IT dan yang kedua Kimia. Ndak tau kenapa kepikiran IT, di posisi pertama padahal sebetulnya kusuka yang berbau ilmiah. Kimia begitu banyak pandangan tentang apa aja yang bisa dilakukan atau pekerjaan apa yang didapat setelah lulus. Sedangkan IT, blank. Yang ada cuman komputer, ato betulin komputer, bikin game. Cuman pandangan itu aja. Sedangkan Kimia banyak. Sebelumnya, ku gagal masuk Poltekkes jurusan Ahli Gizi. Lha waktu itu juga daftar en ketrima di VEDC jurusan Mekatronik keterima, pilihan jurusan yang kedua IT. Mungkin gara-gara itu yang bikin salah nulis jurusan ato faktor yang lain. Faktor takdir Tuhan. Tapi kalo diinget-inget, sebetulnya kepengen banget masuk Kimia. Tapi, waktu itu bersyukur masuk IT, kalo masuk Kimia mungkin otak jadi tanda tanya, kuat apa ndak meladeni pelajaran Kimia.


Setelah masa perkuliahan. Sebenernya aku sendiri yang jadi anak terbego, oon. Kayak mayat hidup ikut kuliah. Hehehe. Ditanyain ini itu diem aja, mau jawab apa wong ndak tau jawabannya. Tapi yang membuat beda, waktu ada pelajaran algoritma ato pemrograman. Kebetulan dosennya wow... Hehehe. Nah, dari situlah muncul sesuatu. Sambil menyelam minum air, sambil memahami pelajaran sambil memandangi terus... tau sendiri lah. Dari situ, tergerak kenapa ku kok suka pelajaran yang beginian. Dari situ ku lebih gampang mencerna apa sih yang diomongin sama dosen. Temen-temen yang laen pada bingung, tapi aku sendiri tambah bingung. Tapi seneng, bingung ndak bingung yang penting bisa ngeliatin something yang indah. Lha dari situ, jujur aku akui bahwa aku lumayan ngebet. Dengan begitu, aku juga suka sama pelajarannya. Algoritma yang mbulet, pemrograman yang bikin pusing, justru saat aku ngerjain aku ngerasain kenikmatan tersendiri. So, selain dari kuliah aku tergerak sendiri nyari alias mengatasi kebingunganku dengan cara ngenet nyari-nyari tutorial, nyari penjelasan, nyari artikel sampe aku ngerasa bener-bener paham. Kalo dari kuliah, ndak akan mungkin paham, soalnya waktu kuliah yang dikerjain cuman nyatet sama mandangin dosen tapi ndak memahami pelajaran itu sendiri. Hehehe. Akhirnya, ya begitulah, tiap hari PR nya memahami apa yang dicatet dengan segala cara.


Ndak kerasa beranjak ke tahun kedua. Udah ndak ketemu dosen-dosen yang wow... Tapi, aku udah masuk jurang. Aku udah terlalu suka sama pemrograman. Bingung bingung, pusing, error, tapi nikmat. Hahaha. Meski dosennya waktu itu cowok. Ndak tau kenapa aku sudah terlanjur jatuh hati ke pemrograman. Hehehe. Awalnya, aku bingung sama bahasa HTML. Lama aku belajar bikin tabel, div, ato yang lain. Bisa dibilang aku yang paling bego banget. Tapi, aku tetep suka. Sering nanya-nanya, tapi sering ndak paham. Mungkin gara-gara itu aku dikenal sama dosen-dosen. Mahasiswa yang paling melas banget. Hehehe. Aku lupa awalnya gimana kok lebih suka pemrograman web dibanding pemrograman lainnya. Oiya, waktu itu pemrograman yang lain si dosen jarang masuk. Nah itu yang bikin ndak bisa ngembangin. Seandainya ada si Suhu pasti beda lah. Ada kitab tapi ndak ada Suhu sama aja bo'ong. Di pemrograman web aku adalah seorang mahasiswa yang paling mencolok. Paling bego maksudnya, hehehe. Ku benar-benar paling on fire kalo ada matkul pemrograman web. Tugas dikasih seminggu, 2 hari udah selesai. Tapi tugas yang lain, ndak selese-selese. Huehehehe parah... Trus, yang bikin aku bener-bener kuliah banget, serius banget, aku pernah janji hati. Ndak pengen punya cewek dari UAN SMA sampe lulus kuliah. Itu yang bikin bener-bener gereget waktu kuliah. Jadi ndak ada yang dipikirin selaen kuliah. Soalnya aku punya keyakinan, kalo sudah waktukku, jodoh itu pasti datang. Jadi ndak usah dipikirin lah.


Waktu liburan semester, pasti ada dosa. Alias point gara-gara ndak masuk kuliah, sakit aja dicatet. Untuk menghapus semuanya harus ada penebusan dosa. Waktu semua liburan, ku sendiri masuk kampus minta kerjaan sama dosen, administrasi. Eh, ndak tau kenapa disuruh buat web aplikasi. Gampang sih sebenernya. Aku kan pinter. Hehehe. Ndak tau pinter apaan. Tapi emang gampang sih, bikin inventaris Laboratorium. Tinggal create, edit, delete, update. Ndak begitu kompleks.


Hari-hari kulalui serasa begitu cepat. Ndak kerasa akhirnya waktunya PKL/KKN/magang. Nyari di sana sini, diproses 2 minggu ditolak. Di stasiun tv lokal ditolak, di provider internet ditolak. Bolak balik laporan ke kampus kalo ditolakin berkali-kali. Aku akhirnya tambah terkenal di kalangan dosen. Mahasiswa yang paling melas. Double melas banget. Hiks. Tapi, karena berkat doa yang aku panjatkan, aku ketemu tempat magang. Di Pemkab Malang. Kepala Dinas nya baek banget. Malah ngasih motivasi, jadi semangat banget. Akhirnya ku ajak rombongan temenku, semua jumlahnya 10 magang disana. Hehehe. Kayak pelarian orang-orang yang ndak keterima dimana-mana. Tau apa yang aku kerjain disana? Lagi-lagi web aplikasi. Bikin SIM Perijinan Online. Bingung pertama kali, ndak ngerti apa yang harus dilakuin pertama kali. Akhirnya selese tidak tepat pada waktunya. Molor banget. Sampe waktunya kuliah, masih sering ngurusin magang. Tapi, yang penting ndak telat ngumpulinnya.


Waktu berjalan seiring siang dan malam. Angin, hujan, panas tiada lelah berganti menyelimuti dunia yang selalu berputar. Matahari, bulan, bintang saling menampar sinarnya ke bumi yang fana ini. Aku terbangun, dan ndak kerasa waktunya ujian judul TA. Disinilah aku menjadi seorang yang hattrick melas. Judul ane ndak keterima sampe tiga kali. Putaran kedua, ketiga akhirnya sampe babak tambahan pun ndak ketrima. Ketrima itu pun karena dipaksaken. Hiks. Tapi, lagi-lagi web aplikasi. Bikin e-commerce di Joomla. So, bikin module ama component Joomla. Nah, gara-gara itu ane suka sama Joomla. Bikin component sama module nya. Awalnya, ndak bisa bikin. Sampe satu bulan tetep bingung. Tapi gara-gara bu Rossi dosen yang paling pengertian, ngasih aku kitab. Jurus-jurus bikin component module Joomla. Cuma seminggu aku eksperimen akhirnya bisa bikin component CRUD nya. Langsung aja tancep gas. Tapi, ternyata diluar dugaan. E-commerce yang aku buat bukan seperti yang sudah ada alias pada umumnya. Gilaaa... sistemnya aja ruwet. Sampe saat ini, e-commerce teruwet yang pernah aku buat ya e-commerce Tugas Akhir ane. Disini akhirnya aku jadi quattrick melas. Ndak lulus-lulus. Sedihnya. Ujian pertama, ndak dilulusin. Akhirnya ujian kedua, baru dilulusin. Yah, mungkin itulah yang bikin terkenal di kampus. Kebetulan pengujinya waktu itu dosen yang aku... tau sendiri lah. Jadi semangat banget. Waktu tengah-tengah ujian di saat aku dicecar pertanyaan yang kejam. Eh bu Rossi datang ngeliatin kerjaanku. Lagi-lagi dia yang bantu ane. Makasih ya bu Rossi, bu Rossi baek dech... Secara terang-terangan dia jelasin kalo ane bikin TA gituan bisa jadi 2 judul, yang pertama gara-gara sistem e-commerce yang ruwet, yang kedua bikin component e-commerce Joomla. Dari situ juga akhirnya ane bener-bener paham apaan tuh normalisasi database. Kebetulan waktu revisi diajari sama penguji. Emang waktu kuliah sepertinya dosen itu cuma sebage rel, tapi kalo udah mau lulus, dosen sebage keretanya juga, sebage penunjuk jalan juga sebage ngangkut kita ke tempat yang seharusnya. Dengan bantuan yang sedikit tapi bisa nganter kita kelulusan. Thank you bu Dwi, you are my everything... Loooohhhh...


Setelah lulus, melas lagi. Temen-temen udah keterima kerja dimana-mana, aku sendiri tetep aja ke kampus sendirian. Eh ketemu adek kelas, ditawarin kerja. Ndak nyangka dapet kerja kayak gini. Akhirnya, ya udah kerja. Kerja di kontraktor. Apa kerjaannya? Ya begitulah aku. Pertama disuruh bikin animasi presentasi dari flash. Kebetulan orang kontraktor bukan dari lingkungan desain, ku akui kerjaanku ancur. Tapi, kenapa mereka tertegun dibuai olehnya. Aku sendiri tentang grafis, suka tapi ndak banget. Waktu ngerjain flash, yang aku beratin sisi programmingnya. Ternyata seru juga. Berlanjut, kerjaanku berubah ato bisa dikatain bertambah. Bikin manual tapi pake bahasa HTML. Semangat banget ngerjainnya. Sampe-sampe kerjaan udah selese kontennya belum siap. Target 2 minggu, 3 hari selese. Hebat khan. Hehehe... sombong. Astagfirullah al adziem... Eh, sambil ngerjain gituan, disuruh bikin profil perusahaan. Hehehe masuk kandang lagi. Bikin web, pake Joomla, yang belum ada ditambahin component bikinan sendiri. Sebenernya enak kerja disana. Gaji lumayan gede, maklum kontraktor, ndak mungkin proyeknya cuman satu-dua-tiga juta apalagi 750 ribu (proyek freelance ane yang sekarang segitu, hiks...). Selain itu siang dapet maem gratis dimasakin. Sabtu-minggu libur lagi. Tapi ada something yang harus aku putusin. Aku ndak bisa ngelanjutin hubungan ini lagi. Untuk alasannya, sori privasi banget.


Abis keluar dari sono, bukannya aku hidup dalam kekosongan. Kebetulan aku udah kuliah lagi 3 bulan sebelum ane keluar. So, kegiatannya kuliah. Eh kerasa sepiii banget kalo cuman kuliah aja, kebiasaan hidup dalam penderitaan. Ndak enak kalo ndak kerja keras, ndak afdhol kalo tiap hari pulang ndak pusing. Akhirnya ane nyari kerjaan. Nyari sana sini ndak keterima, akhirnya keterima juga. Kali ini di bidang software accounting. Tau apa kerjaannya? Yup betul, tetep aja masuk kandang. Jadi web programmer. Kerja disana emang lebih profesional. Ane suka sebenernya. Menurut ane, pimpinannya bener-bener jos dah. Tapi, ane ada yang berat kerja disono. Rumah ane lumayan sih jauh, belum lagi malemnya kuliah. Ancur ni body kalo tiap hari kayak gitu. Abis 6 bulan ane ngundurin diri aja dach. Nggak kuat. Masalah kerjaan ndak terlalu sih. Cuman sedikit ruwet. Bikin aplikasi web. Pake senjata ampuh ane, Joomla. Bikin componentnya sendiri jadi bisa ane custom. Daripada nyari-nyari sulit, dapet diadaptasi ternyata masih ada yang kurang ato perlu dibuang. Daripada ngedit kerjaan orang mending bikin sendiri aja. Betul??? Kebetulan waktu ane ngundurin diri taon 2010. Menurut ane, 2010 ada nilai kosong 2. Nah ini bikin ada kekosongan di 2 aspek. Ternyata bener, taon 2010 adalah taon apesnya ane. Melas lagi... Selain keilangan kerja keilangan juga yang laen... ya tau ndiri lah. Ndak usah dibahas soalnya ente-ente belum nyiapin tissu. Kalo dengerin kisah ane bisa bikin ndak kuat nahan kentut... eh salah nahan tangis. Hehehehe.


Masa redup perlahan aku hilangkan. Berbulan-bulan aku nyari kerjaan ndak dapet. Eh malah dapet freelance. Ndak papa lah. Lagian kuliah masuk masa tegang. Kerjaan pertama bikin animasi, ngedit-ngedit image jadi banner. Padahal bukan keahlian ane. Disuruh bikin flash lagi. Ya ndak papa itung-itung buat beli roti. Hehehe. Setelah beberapa bulan, mulai tegang. Masuk kandang lagi. Bikin web lagi. Sejak itulah aku dapet banyak kerjaan basis web sampe sekarang. Lumayan gede, tapi bayarannya ndak sebanding. Ndak papa lah, sabar. Mungkin Tuhan membalasnya ndak langsung. Mungkin juga ndak di dunia, tapi di akherat. Tapi kalo di akherat ndak dibales. Hiks berarti aku sendiri yang kurang ikhlas. Ya Allah berilah kelapangan dada agar aku ikhlas menerima segalanya. Emang rasa ikhlas itu yang paling berat bagiku. Sabar, itu emang mudah. Hampir tiap hari, bahkan tiap detiknya aku pasti sabar, tapi ikhlas aku jarang. Itu yang bikin penyakit sering berkembang biak di tubuhku ini. Mungkin pelajaran ikhlas adalah pelajaran yang paling sulit yang dilakukan bagiku. Memang sulit untuk membangun perasaan ikhlas apalagi dikelilingi tumbuhnya pula sakit hati, sikap baik dibalas yang buruk, selalu ditindas, didzalimi. Tidak hanya dari kerjaan tapi juga dari lingkungan, jalan raya, sampe keluarga. Dimana aku berpijak disana aku sulit untuk berikhlas. Ikhlas disini bukan hanya berarti mengikhlaskan apa yang telah ane beri. Tapi mengikhlaskan segala yang terjadi pada ane.


Setaun ane bertahan idup berfreelance. Taun 2011 ane lulus. Horeee. Bulan April ane ketrima kerja sampe sekarang(sebenernya kontraknya abis bulan ini). Sambil freelance sambil kerja full. Sebenernya ndak berat sih. Meski ku dapet kerjaan yang sama-sama weight class. Cuman ada faktor penghambat. Seandainya ndak ada penghambat kerjaan cuman dikerjain 2 hari, dengan 4-6 jam kerja patas (tanpa henti). Masalah faktor penghambat ya privaci lah. Biar aku yang menanggung ini semua. Lagi-lagi, aku sulit untuk ikhlas. Mungkin karena aku sulit berikhlas, aku sering dapet ujian untuk mengikhlaskan something. Aku sering gagal, bahkan selalu gagal untuk ikhlas. Memang ujian terberat bagiku adalah ikhlas. Kalo ente gimana? Aku sudah bisa bersabar dihadapan orang-orang, tapi perasaan yang hitam sulit aku keluarkan, sulit aku ikhlaskan. Mungkin selama ini, doa-doa yang aku panjatkan, sholat-sholat sunnah yang aku lakukan, tiap hari baca Al-Qur'an, berulang kali aku ucapkan Asmaul Husna, amal-amal yang kuberikan akan terkikis musnah jika aku sulit berikhlas. Sebetulnya mudah dilakukan tapi sulit karena perasaanku yang diciptakan terlalu peka. Kalo diliat bisa aja hatiku ini paling busuk, hitam menganga penuh dendam, penuh kebencian, penuh doa-doa kejelekan. Ya Allah berilah saya perasaan ikhlas yang begitu besar. Agar aku bisa memaafkan semua orang yang aku dendam, cahaya kan lagi hatiku yang telah membusuk hingga menjadi hati yang bersinar lagi seperti saat aku terlahir di dunia. Tak ada seorang pun yang bisa mengubahnya. Hanya aku yang bisa dengan bantuan dan anugerah Mu...


Bisa dibilang taon 2011 taun yang lebih ato sangat lebih baek dari taon 2010. Perbandingannya 100 derajat lebih baek. Kerjaan banyak tapi dibuat tenang, sante ndak keberatan. Emang ya itu kerjaan yang sesuai minat, bakat ane. Bikin program kayak maen gitar. Sambil nutup mata ya tetep bisa. Pernah juga ngerjain sambil ngimpi. Ngerjain sambil ketawa-ketawa sendiri. Sebagian otak dan tubuhku bikin program sebagian lagi berhalusinasi. Sepertinya udah mendarah daging. Tapi yang penting kerja kayak bus patas. Jadi ndak ada berhentinya. Kalo ngerjain ya ngerjain terus sampe terminal, ndak boleh diganggu, maem, minum, tapi kalo kebelet ya tetep harus dikeluarin. Mungkin kerjaan kayak gini udah jadi hobi ane, sedangkan hobi ane kayaknya udah ketutup jadi kerjaan. Hobi ane maen gitar, sekarang ane seneng maen klasik gitar, tapi sulit dijadiin kerjaan. So, berpikir realitis dech. Lagian band ane udah kagak jelas. Pengen diterusin ndak ada yang nerusin, mau dibubarin juga gak ada yang mau bubarin. Kayak mati suri. Tapi ndak tau hidupnya kapan lagi... Udah 2 taon ndak kumpul. Yah, emang bukan jalan idup ane. Mau dibengkokin, nyasar-nyasar kemana aja, tapi tetep aja balik ke drive true alias jalan yang benar.

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Thanks a lot for your attention...

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting